Liga Italia

Paul Pogba dan 3 Pemain yang Balik ke Juventus Usai Membela Klub Lain

Kamis, 10 Desember 2020 18:58 WIB
Editor: Juni Adi
© Paul Ellis/PA Images via Getty Images
Paul Pogba merana usai Manchester United kalah dari Arsenal Copyright: © Paul Ellis/PA Images via Getty Images
Paul Pogba merana usai Manchester United kalah dari Arsenal

INDOSPORT.COM - Masa depan Paul Pogba di Manchester United masih menjadi perbincangan hangat publik. Dikabarkan gelandang asal Prancis itu sudah tidak betah, dan ingin hengkang dari Old Trafford.

Rumor tersebut diperkuat dengan pernyataan sang agen, Mino Raiola yang menyebut kliennya tidak bahagia di Man United. Juventus menjadi salah satu klub yang disebut-sebut paling berpeluang memboyongnya.

Bahkan Direktur Juventus, Fabio Paratici coba masuk untuk merayu sang pemain, dengan mengakui "kami sangat mencintainya".

“Itu bukan pertanyaan yang tepat, saya pikir [transfernya] itu akan agak mahal,” katanya kepada Sport Mediaset.

“Kami sangat mencintainya, kami tahu dia adalah pemain hebat, tetapi saat ini dia di Manchester United.”

Pogba sendiri beberapa kali tergoda untuk pergi ke Real Madrid, setelah mengakui ketertarikannya pada klub tersebut.Tetapi Raiola secara pribadi melontarkan gagasan untuk kembali ke Juventus buat kliennya itu.

"Ya, Paul Pogba dapat kembali ke Juventus. Dia tidak bahagia di sana," ujar Raiola pada Tuttsport. 

"Paul tidak bahagia bersama Manchester United karena tidak bisa mengekspresikan diri seperti sebelumnya dan yang dia harapkan."

Jika rumor transfer di atas terwujud, Paul Pogba bukanlah pemain pertama yang kembali membela Juventus setelah bermain untuk klub lain. Terdapat tiga nama yang sudah melakukannya, berikut daftarnya:

1. Fabio Cannavaro

Bek tangguh asal Italia ini pernah membela Si Nyonya Tua dalam dua periode yang berbeda. Ia pertama kali bergabung dengan Juventus pada 2004 setelah dibeli dari Inter Milan.

Bersama Juventus, pemain terbaik dunia 2006 ini Cannavaro berhasil memenangkan Scudetto. Namun, gelar tersebut dicopot setelah Juventus didakwa bersalah pada kasus Calciopoli.

Cannavaro kemudian memutuskan pindah ke Real Madrid pada 2006 setelah Juventus dihukum terdegradasi ke Serie B. Namun, setelah sukses menjadi andalan di Real Madrid selama tiga tahun, ia kembali ke Juventus.

2. Leonardo Bonucci

Bonucci adalah bek tengah tangguh yang dimiliki Juventus dan Timnas Italia. Ia sudah memenangkan banyak gelar selama membela Juventus.

Namun, Bonucci pernah membuat keputusan mengejutkan saat menerima pinangan AC Milan pada musim panas 2017/18. Namun, kariernya bersama Rossoneri tak berlangsung lama karena Bonucci hanya bertahan satu musim.

Bonucci pun kembali ke pangkuan Juventus. Dirinya kembali ke Turin hingga saat ini.

3. Gianluigi Buffon

Buffon adalah legenda hidup Juventus. Bahkan ia masih aktif bermain hingga saat ini meski usianya sudah 42 tahun.

Buffon pertama kali bergabung dengan Juventus pada 2001 silam. Saat itu Buffon didatangkan dari Parma dengan biaya 52 juta euro, yang menjadikannya kiper termahal dunia saat itu.

Buffon menjadi kiper utama Juventus selama bertahun-tahun lamanya dan meraih banyak trofi. Namun, ia kemudian mencari petualangan baru ke PSG pada tahun 2018 lalu.

Namun, karier Buffon di klub Prancis itu ternyata hanya bertahan semusim. Ambisi dia membawa PSG juara Liga Champions gagal, dan membuatnya kembali ke Juventus di musim berikutnya.