Liga Indonesia

Bicara Industri Sepak Bola Saat Ini, Muly Munial: Indonesia Masih Toxic!

Sabtu, 12 Desember 2020 15:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dok. Pribadi
Muly Munial bersama para pemainnya. Copyright: © Dok. Pribadi
Muly Munial bersama para pemainnya.

INDOSPORT.COM – Agen pemain top Indonesia, Mulyawan Munial, baru-baru ini berbicara soal situasi industri sepak bola, di tanah air yang masih kurang didukung. Akibatnya, banyak pemain Indonesia saat ini menganggur.

Sepak bola di Indonesia saat ini sedang mengalami ketidakjelasan, terutama sejak hantaman pandemi virus corna. Kompetisi bola sepak praktis terhenti, sehingga para pemain pun lebih banyak menganggur.

Hal ini membuat rupanya menjadi sorotan super agen Mulyawan Munial, yang baru-baru ini menjadi bintang tamu dalam sebuah wawancara di akun Youtube PSIM Jogja.

Dalam wawancaranya itu, Muly Munial mengakui bahwa sepak bola Indonesia masih banyak kekurangan dalam tiga aspek, yakni infrastruktur yang bagus, pelatih yang bagus, dan kompetisi yang jelas.

Pria bertubuh tambun ini lantas menekankan salah satu hal yang bisa menambal kekurangan dari tiga aspek itu adalah dengan mengusahakan agar para pemain Indonesia bermain ke luar negeri.

“Yang saya usahakan 10 tahun terakhir adalah membawa anak-anak Indonesia bermain ke luar negeri,” ungkap Muly Munial.

“Makin banyak anak main di luar makin bagus, kenapa? Bagi saya karena dengan memiliki bibit yang bagus, makin bagus bibit yang ditanam di tanah yang subur, lingkungan yang sehat, mudah-mudahan pohonnya juga sehat,” jelas Muly Munial.

Akan tetapi, Muly Munial menyadari hal itu tidak mudah dilakukan mengingat sepak bola di Indonesia sendiri masih kurang mendapatkan dukungan.

“Tapi Indonesia masih toxic, situasi sepak bola masih kurang mendukung. Inilah yang saya coba kalau bisa anak-anak ke luar negeri,” Muly Munial menekankan.

“Negara-negara yang hebat, yang rankingnya di FIFA top dunia, pemainnya ke mana-mana. Ini bukan hanya melatih secara teknis tetapi juga mental yang kuat. Bagaimana mereka bisa kuat, pede melawan pemain luar, enggak menunduk.”

Pemilik Munial Sports Group ini pun bekerja sama dengan klub-klub sepak bola agar bisa mendorong kesempatan para pemain bisa bermain di luar negeri sehingga nantinya makin banyak bibit-bibit unggul yang muncul di dalam mewarnai kompetisi sepak bola Indonesia.

Muly Munial sendiri sudah 20 tahun menjalani profesi sebagai agen sepak bola. Bambang Pamungkas, Evan Dimas, Andik Vermansah, Rendy Juliansyah termasuk di antara pemain top yang memercayakan kariernya pada sosok ini.