Liga Inggris

Fakta dan Data Jelang Duel Manchester United vs Manchester City di Liga Inggris

Sabtu, 12 Desember 2020 18:15 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Fakta dan data jelang laga derby antara Manchester United melawan Manchester City di pekan ke-12 Liga Inggris, Stadion Old Trafford, Minggu (12/02/20). Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Fakta dan data jelang laga derby antara Manchester United melawan Manchester City di pekan ke-12 Liga Inggris, Stadion Old Trafford, Minggu (12/02/20).

INDOSPORT.COM - Manchester United bakal dihadapi pada misi berat di pekan ke-12 Liga Inggris. Harry Maguire dkk akan menjamu lawan kuat Manchester City dalam laga bertajuk Derby Manchester di Stadion Old Trafford, Minggu (12/02/20) dini hari WIB. 

The Red Devils menyambut laga ini dengan modal hasil buruk di kompetisi Eropa usai mereka tersingkir setelah dikalahkan RB Leipzig pada matchday pamungkas. Meski begitu, di Liga Inggris, performa mereka masih menjanjikan. 

Sementara Manchester City juga tengah dalam tren positif. Mereka lolos penyisihan grup Liga Champions sebagai juara grup dan tercatat menang di dua laga terakhir Liga Inggris.

Pada laga ini, kedua tim bakal menurunkan kekuatan penuh mereka. Hanya saja, di kubu Manchester United, Solskjaer belum tentu memainkan dua bomber mereka, Anthony Martial dan Edinson Cavani. 

Berikut ini kami rangkum sejumlah fakta dan data jelang laga derby Manchester antara Man United vs Man City. 

1. Rekor Dominan Manchester City di Old Trafford

Manchester City menatap laga tandang ini dengan cukup percaya diri. Sebab, The Citizens memiliki rekor apik ketika berlaga di Stadion Old Trafford. 

Dalam sembilan musim terakhir, mereka sanggup meraih enam kemenangan. Catatan ini menunjukkan dominasi City atas Man United di laga tandang. 

Meski begitu, mereka harus waspada. Sebab, pada tahun 2020 ini mereka sudah lima kali kalah di laga tandang. 

2. Solskjaer vs Pep Guardiola

Meskipun Manchester City cukup dominan di Old Trafford dalam satu dekade terakhir, namun Man United juga memiliki rekor yang bisa dibanggakan. 

Pelatih mereka, Ole Gunnar Solskjaer, ternyata memiliki rekor apik saat berjumpa Pep Guardiola. Tercatat, pelatih asal Norwegia itu memegang 60 persen catatan kemenangan atas pelatih asal Spanyol tersebut (3 kemenangan dari 5 laga).

Persentase itu adalah yang tertinggi di antara semua pelatih yang pernah menghadapi Guardiola. Sekadar catatan, pada musim lalu Manchester United sukses dua kali mengalahkan Manchester City.   

3. Rekor Kandang Jeblok Manchester United

Manchester United menjalani awal musim yang buruk di 2020-2021 ini. Salah satu penyebabnya adalah hasil minor di laga kandang. 

Manchester United tercatat cuma meraih 21 persen poin di Old Trafford pada musim ini, lebih tepatnya 4 poin dari 19 yang diperebutkan. Ini adalah catatan terburuk dari semua peserta Liga Inggris musim ini. 

4. Bruno Fernandes Pemain Kunci

Bruno Fernandes menjadi pemain kunci di kubu Manchester United jelang derby melawan City. Sejak debutnya Februari tahun lalu, bintang asal Portugal tersebut sudah mencetak 15 gol dan 11 assist hanya dari 24 laga. 

Catatan itu belum bisa ditandingi pemain manapun di Liga Inggris semenjak kedatangan Bruno di Manchester United.

5.  Raheem Sterling Sial

Manchester City kemungkinan besar masih akan mempercayakan sayap kirinya kepada Raheem Sterling. Sayangnya, pemain satu ini memiliki rekor buruk tiap jumpa Manchester United. 

Bintang Timnas Inggris itu tak pernah membobol gawang Manchester United dari 16 pertemuan terakhir yang ia lakoni di Liga Inggris. Ini adalah 10 laga lebih banyak daripada tim lain yang belum pernah dibobolnya. Dari 16 pertemuan itu, ia memiliki kesempatan menembak 29 kali yang tak satu pun berujung gol.