Liga Inggris

Bak Seniman, Mesut Ozil Harus Dipoles Pakai Cara Nyentrik Arteta!

Sabtu, 12 Desember 2020 16:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris Copyright: © Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris

INDOSPORT.COM – Arsene Wenger memang paling tahu soal Mesut Ozil. Sampai-sampai dia memberi saran kepada pelatih Arsenal, Mikel Arteta, bagaimana menangani gelandang asal Jerman ini.

Mesut Ozil memang tampil menonjol dalam beberapa bulan pertama masa jabatan Mikel Arteta di Arsenal. Namun lambat laun, jam bermainnya mulai berkurang.

Puncaknya, Ozil tercatat belum bermain sejak 7 Maret dan namanya tak masuk di skuat utama The Gunners untuk Liga Inggris dan Liga Europa musim ini.

Mikel Arteta sendiri sebelumnya mengakui turut sedih dengan situasi Ozil. Namun dia juga menegaskan bahwa dia telah gagal memperoleh yang terbaik dari mantan pemain timnas Jerman ini.

Di sisi lain, Wenger yang menjadikan Ozil sebagai salah satu murid kesayangannya justru tidak berpikir demikian. Mantan pelatih the Gunners itu mengklaim tidak sulit menangani Ozil.

“Dia (Mesut Ozil) tidak sulit untuk diatur,” kata Wengr pada podcast Caughtoffside ESPN, dilansir dari Sport Metro

“Dia adalah pemain yang memiliki kualitas khusus sebegai pemain kreatif dan perlu bersenang-senang. Dia adalah seorang seniman dadn orang-orang ini cenderung lebih sensitif,” jelas Wenger.

“Mereka membutuhkan dukungan dan lingkungan yang mendorong mereka untuk memberikan yang terbaik.”

Dengan membeberkan karakter Ozil sebagai pemain yang agak sensitif ini, Wenger pun membagikan saran kepada penerusnya di Emirates bagaimana mengatasi pemain seperti itu.

“Anda memiliki dua cara untuk melihat tim sepak boa. Anda membuat semua orang melakukan hal yang sama. Intensitas kerja yang sama, pekerjaan defensif yang sama atau Anda mencari kompromi,” imbuh Wenger.

“Anda memiliki pemain yang lebih kreatif dalam tim yang dapat melakukan pekerjaan yang tidak terlalu defensive tetapi Anda membangun tim di sekelilingnya yang bisa mengimbangi kekurangan ini. Itulah yang harus Anda pikirkan.”

Seiring dengan ketiadaan Ozil di skuat utama, Arsenal belakangan memang menjadi sorotan lantaran performa tim yang dinilai minim kreativitas dan suplai bola dari lini tengah, sehingga lini depan pun kesulitan mencetak gol.

Hal ini membawa dampak besar bagi pencapaian tim di musim 2020-2021. Hingga pekan ke-11 kompetisi Liga Inggris, The Gunners terpuruk di peringkat 15 klasemen.

Andaikan Ozil kembali tampil membela Arsenal sepertinya tidak bisa terwujud dengan mudah. Pasalnya, sang gelandang justru dikabarkan akan hengkang dari Liga Inggris pada Januari nanti untuk bergabung dengan klub Turki, Fenerbahce.