Liga Inggris

Liga Inggris 20/21 Jadi Musim Absurd Bagi Southampton dan Arsenal

Senin, 14 Desember 2020 20:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Matt Watson/Southampton FC via Getty Images
Liga Inggris 20/21 Jadi Musim Absurd Bagi Southampton dan Arsenal Copyright: © Matt Watson/Southampton FC via Getty Images
Liga Inggris 20/21 Jadi Musim Absurd Bagi Southampton dan Arsenal

INDOSPORT.COM – Gelaran Liga Inggris 20/21, jadi kompetisi yang cukup absurd untuk Arsenal dan Southampton. Disatu sisi, The Gunners kian terpuruk menuju jurang degradasi sementara The Saints catatkan sejarah manis musim ini.

Hingga pekan ke-12 kasta tertinggi Liga Inggris musim 20/21, sejumlah kejutan terus terjadi dari para tim peserta. Di mulai dari duo Manchester yang belum juga merangsek ke empat besar, hingga kokohnya Tottenham arahan Jose Mourinho di puncak klasemen sementara.

Di pekan teranyar, Tottenham bermain imbang 1-1 kontra Crystal Palace, yang sekaligus menjaga catatan tak pernah kalah Harry Kane dan kolega di Liga Inggris sejak pertengahan September lalu.

Selain Tottenham, kejutan lain juga tercipta dari kubu Southampton. Tim yang musim lalu jadi bulan-bulanan para peserta Liga Inggris tersebut, kini malah bertengger di big four klasemen dengan raihan 23 angka, alias berjarak dua poin dari Tottenham.

Berkaca pada hasil musim lalu, performa anak Ralph Hasenhüttl tersebut saat ini terbilang sangat impresif. Di Liga Inggris 19/20, Southampton terlihat sangat tertatih bahkan sulit menang hingga pekan ke-12 berlangsung.

Tercatat dalam 12 laga awal Liga Inggris tahun lalu, Southampton cuma dua kali menang dan menelan delapan kekalahan, termasuk dicukur sembilan gol tanpa balas oleh Leicester City di laga kandang pada pekan ke-10.

Rentetan hasil buruk tersebut pun membuat Southampton tertahan di peringkat 17, alias berada di zona degradasi bersama Watford dan Norwich. Beruntung, Southampton berhasil bangkit terutama pasca jeda kompetisi yang membuat mereka bisa memahami taktik Hasenhüttl.

Hasilnya, sembilan laga pasca Liga Inggris kembali bergulir, The Saints sukses mencatatkan delapan pertandingan tanpa kalah dengan lima diantaranya adalah kemenangan.

Gemilangnya performa Southampton kembali berlanjut musim ini. Berbeda dari edisi sebelumnya, kini The Soton mampu menorehkan tujuh kemenangan dari 12 laga. Bahkan untuk pertama kali sejak 1988 silam, mereka berhasil memuncaki klasemen sementara usai mengalahkan Newcastle.