In-depth

Granit Xhaka yang Tak Henti Bikin Arsenal Pusing Tujuh Keliling

Senin, 14 Desember 2020 11:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Granit Xhaka sudah telanjur punya reputasi buruk di Arsenal. Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Granit Xhaka sudah telanjur punya reputasi buruk di Arsenal.

INDOSPORT.COM - Granit Xhaka lagi-lagi berulah. Kali ini ia mendapat kartu merah di pertandingan Liga Inggris yang mempertemukan Arsenal vs Burnley, Senin (14/12/20) dini hari WIB.

The Gunners yang sedang terpuruk di klasemen sementara Liga Inggris berusaha sekuat mungkin meraih poin penuh lewat laga ini. Akan tetapi, dewi fortuna belum berpihak pada mereka.

Skuat asuhan Mikel Arteta harus rela kalah tipis dari sang tamu 0-1. Bomber andalan Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, akhirnya membuka lagi keran golnya, namun sayangnya kali ini ia menceploskan bola ke gawang sendiri.

Gol bunuh diri tersebut mungkin jadi satu-satunya penyesalan seorang Aubameyang, tapi tidak bagi Arsenal dan mungkin Arteta. Pasalnya, Granit Xhaka menambah noda di pertandingan semalam dengan kartu merah yang diperolehnya.

Pemain asal Swiss tersebut mencari gara-gara dengan pemain Burnley, Dwight McNeil dan Ashley Westwood. Semua bermula dari tekel Xhaka terhadap McNeil yang berujung keributan antara dua kubu.

Saat itu, Xhaka yang terpancing emosi tidak bisa menahan diri dan mencekik Westwood, mendorongnya hingga terjatuh. Setelah memeriksa Video Assistant Referee (VAR), wasit pun mengangkat kartu merahnya tinggi-tinggi di udara.

Mikel Arteta tentu merasa gusar dengan hasil Arsenal vs Burnley ini, apalagi melihat dua pemainnya, Aubameyang dan Xhaka, jadi bintang utama di pertandingan semalam. Sayangnya, bukan dalam konotasi yang positif.

“Dalam hal ini, Granit sudah kelewat batas,” demikian ucap Arteta, seperti diwartakan laman The Guardian.

Meski geram, Arteta masih bisa bernapas lega sedikit lantaran satu anak asuhnya yang lain, Mohamed Elneny, tidak mengikuti jejak Xhaka yang sampai dikartu merah karena melakukan pelanggaran.

Masalahnya, Elneny terlihat memegang dan mendorong wajah pemain Burnley, James Tarkowski. Beruntung ia hanya mendapat kartu kuning setelah wasit juga memeriksa insiden yang bersangkutan lewat VAR.

Akibat hasil pertandingan ini, Arsenal meringkuk di posisi 15 klasemen sementara Liga Inggris, Senin (14/12/20) pagi. Mereka mengumpulkan 13 poin dari 12 pertandingan, dengan rincian empat kali menang, satu kali imbang, dan tujuh kali kalah.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%