Liga Indonesia

Respons Legenda Timnas soal Febri Tolak Tawaran Klub Asal Thailand

Senin, 14 Desember 2020 00:31 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan kapten Persib, Firman Utina, saat ditemui di tempat konveksi FU15 di Bandung Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Mantan kapten Persib, Firman Utina, saat ditemui di tempat konveksi FU15 di Bandung

INDOSPORT.COM - Mantan kapten tim Persib Bandung, Firman Utina, memberikan tanggapan mengenai keputusan Febri Hariyadi yang menolak tawaran dari klub asal Thailand.

Menurut Firman Utina, penolakan terhadap tawaran dari klub asal Thailand tersebut kemungkinan ada beberapa alasan, salah satunya gelandang Persib Bandung itu masih terikat kontrak dengan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB).

Sebagai informasi, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, membeberkan alasan Febri Hariyadi menolak tawaran dari klub asal Thailand itu. Ada dua alasan atas penolakan tersebut.

Pertama, Febri tidak mau hengkang ke klub lain dengan status pinjaman. Selain itu, pemain yang sering memperkuat Timnas Indonesia itu mempertimbangkan untuk bertahan di Persib, karena kompetisi sepakbola Indonesia yang akan digulirkan kembali pada awal Februari 2021.

"Menolak tawaran bukan semata-mata dari pemain sendiri, tapi ini hubungannya antara klub itu sendiri, pemain itu setahu saya sebagai serdadu. Kalaupun pemain itu masih ada kontrak dengan klub, maka si pemain itu harus menghargai kontrak, tidak bisa menerima tawaran atau negoisasi dengan klub sebelumnya," kata Firman.

Klub asal Thailand itu, sudah mengirimkan surat mengenai keinginannya merekrut Febri. Hal tersebut menurut Firman, ada keseriusan mereka ingin mendatangkan pemain yang akrab disapa Bow tersebut.

Hanya, saja ada beberapa alasan yang membuat Febri memutuskan untuk menolak tawaran dari klub asal Thailand itu.

"Tapi kalau memang klub tersebut menginginkan pemain tersebut, maka klub itu harus menghubungi klub sebelumnya baru itu klub menghubungi si pemain jadi ada deal-dealan," ungkapnya.

Sementara itu, Robert Alberts mengatakan timnya akan merasa kehilangan jika Febri meninggal Persib. Karena, Bow merupakan pemain hasil binaan dan masih bisa berkembang.

"Jika Febri pergi tentu itu menjadi kehilangan besar bagi Persib, karena dia adalah pemain homegrown (pemain didikan klub) dengan banyak kemungkinan berkembang menjadi pemain besar bagi klub maupun Indonesia," ucap Robert Alberts, Rabu (09/12/2020).

Pelatih yang sempat melatih PSM Makassar ini menambahkan, secara kualitas Febri sudah tidak diragukan lagi. Meski begitu, Robert Alberts menilai masih ada kekurangan yang harus dibenahi oleh Bow, agar penampilannya bisa lebih baik.

"Penuh dedikasi, sangat profesionalisme, mempunyai kecepatan yang mana itu sangat penting. Meski dia juga masih harus banyak berbenah," jelas Robert Alberts.

Sejauh ini, setelah tawaran dari klub asal Thailand untuk Febri, menurut Robert Alberts tidak ada tawaran lagi yang masuk ke skuat Maung Bandung.