Liga Indonesia

Jacksen Tiago Rindu Bawa Persipura Jayapura ke Pentas Asia

Selasa, 15 Desember 2020 20:00 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo /INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. Copyright: © Sudjarwo /INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago memiliki kerinduan untuk membawa timnya kembali ke pentas Asia. Ini diungkapkannya menyusul adanya peluang Persipura untuk berlaga di turnamen AFC Cup 2021.

Meskipun tak mau berkomentar banyak perihal kabar tersebut, Jacksen tetap berharap bisa meloloskan Persipura kembali ke turnamen kasta kedua antar klub benua Asia itu.

"Yang saya bisa sampaikan adalah, bahwa kami semua punya harapan membawa Persipura untuk bisa berkompetisi di level Asia kembali," ujar Jacksen Tiago kepada awak media olahraga INDOSPORT, Selasa (15/12/20).

Kata Jacksen, sudah sepantasnya Persipura bermain di level asia jika melihat pada kesiapan fasilitas yang dimiliki oleh Papua saat ini.

"Kita bisa lihat sekarang, kita punya dua stadion megah yang berstandar International di Jayapura," tuturnya.

Persipura masuk dalam 7 kandidat klub yang akan mewakili Indonesia di ajang AFC Cup, berdasarkan hasil verifikasi klub profesional AFC yang diterbitkan baru-baru ini.

Persipura akan bersaing bersama 6 klub lainnya, yakni Persija Jakarta, Arema, Borneo FC, Persib Bandung, Bali United dan Bhayangkara FC untuk memperebutkan 2 jatah Indonesia. 

Namun jika berkaca pada hasil klasemen akhir Liga 1 2019, Persipura sangat layak karena mereka finis diperingkat ketiga di bawah Bali United dan Persebaya Surabaya.

Sebelumnya, manajemen Persipura Jayapura akhirnya memberikan respon terkait kans mereka berlaga di ajang AFC Cup 2021 mendatang. 

Asisten manajer klub Persipura, Ridwan Bento Madubun mengatakan, timnya akan selalu siap jika ditunjuk oleh PSSI untuk mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2021.

Hanya saja, Bento berharap penunjukkan wakil Indonesia nanti berdasarkan pertimbangan yang masuk akal.

"Kalau PSSI menunjuk dengan pertimbangan yang jelas, kita akan patuhi, dan kalau salah satu yang ditunjuk adalah Persipura sudah pasti kita siap," ujar Bento.

"Kalau benar Persipura yang ditunjuk ya berarti itu rejeki kita, kalau tidak ya belum waktunya. Pada dasarnya kita sangat siap bila ditunjuk oleh PSSI," pungkasnya.