Bola Internasional

4 Fakta Penting yang Perlu Diketahui dari Penghargaan FIFA Best Football Award 2020

Jumat, 18 Desember 2020 11:44 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Valerio Pennicino - FIFA/FIFA via Getty Images
Terdapat sejumlah fakta penting yang layak untuk diketahui dari penghargaan The Best FIFA Football Award 2020 yang digelar pada Jumat (17/12/20) dini hari WIB. Copyright: © Valerio Pennicino - FIFA/FIFA via Getty Images
Terdapat sejumlah fakta penting yang layak untuk diketahui dari penghargaan The Best FIFA Football Award 2020 yang digelar pada Jumat (17/12/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Terdapat sejumlah fakta penting yang layak untuk diketahui dari penghargaan The Best FIFA Football Award 2020 yang digelar pada Jumat (17/12/20) dini hari WIB.

Penghargaan The Best FIFA Football Award 2020 telah usai resmi digelar di markas FIFA di Zurich, Swiss, pada Jumat (17/12/20) dini hari WIB tadi. Dalam acara yang digelar secara virtual itu, Robert Lewandowski dinobatkan sebagai pemenang kategori Best FIFA Men's Player atau pemain sepak bola putra terbaik.

Lewandoski menyisihkan saingan utamanya tahun ini yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Bomber milik Bayern Munchen itu meraih 52 poin unggul dari dari Cristiano Ronaldo (38) dan Lionel Messi (35). 

Prestasi pemain Bayern Munchen itu tahun ini memang lebih komplet dibanding Messi dan Ronaldo. Sementara itu penghargaan pelatih terbaik jatuh pada Jurgen Klopp yang selama ini menukangi Liverpool.

Ada berbagai kategori yang diumumkan dalam Best FIFA Football Awards 2020. Antara lain, pemain terbaik, kiper terbaik, pelatih terbaik, gol terbaik, dll. Kategori itu diberikan untuk pemain sepak bola pria dan wanita.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami rangkum lima fakta penting yang perlu kalian ketahui tentang penghargaan FIFA Best Football Award tahun 2020 ini. 

1. Virtual

Acara penghargaan Best FIFA Football Awards 2020 tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya banyak para nominee yang tidak bisa datang langsung ke markas FIFA lantaran kondisi yang tidak memungkinkan akibat adanya pandemi virus corona.

Alhasil, seremoni pun harus dilangsungkan secara virtual. Meski begitu, tetap ada panggung besar yang disiapkan FIFA di markasnya di Zurich, Swiss. 

© Valeriano Di Domenico - Pool/Getty Images
Seremoni FIFA Football Awards 2020. Copyright: Valeriano Di Domenico - Pool/Getty ImagesSeremoni FIFA Football Awards 2020.

2. 10 kategori

Berbeda dengan 2019 lalu, pada edisi tahun 2020 ini FIFA memasukkan 10 kategori pada penghargaan The Best FIFA Football Award. Kategori pun meliputi sepak bola putra dan wanita. 

Kesepuluh kategori itu terbagi atas tujuh untuk sepak bola putra, dan tiga untuk sepak bola putri. Secara lengkap berikut 10 kategori yang dinominasikan:  

Penghargaan pemain sepak bola pria

- Pemain terbaik: Robert Lewandowski - Bayern Munchen
- Pelatih terbaik: Jurgen Klopp - Liverpool
- Kiper terbaik: Manuel Neuer - Bayern Munchen
- FIFA Fair Play: Mattia Agnese - Ospedaletti
- FIFA Fan: Marivaldo Francisco Da Silva - suporter Sport Club do Recife
- FIFA Foundation Award: Marcus Rashford - Manchester United
- Puskas Award: Son Heung-Min - Tottenham Hotspur

Penghargaan pemain sepak bola wanita

- Pemain terbaik: Lucy Bronze - Olympique Lyon/Manchester City
- Pelatih terbaik: Sarina Wiegnam - Pelatih timnas Belanda
- Kiper terbaik: Sarah Bouhaddi - Olympique Lyon

3. Penentuan Pemenang

Seperti diketahui, penghargaan The Best FIFA Football Award atau Pemain Terbaik Dunia versi FIFA ini menggunakan sistem pemungutan suara dari semua pelatih dan kapten kesebelasan negara yang tergabung dalam keanggotaan FIFA. 

Penghargaan FIFA The Best menggunakan sistem voting. Voting ini tersebar ke dalam empat kelompok, yakni pelatih-pelatih tim nasional, kapten-kapten tim nasional, jurnalis-jurnalis terpilih, dan juga fans. 

Fans sendiri memegang 25 persen distribusi suara. FIFA menyediakan alat untuk voting bagi para fans di situs resmi. 

Sementara 75 persen lainnya didapat dari suara pelatih-pelatih tim nasional, kapten-kapten tim nasional, dan jurnalis-jurnalis terpilih dari seluruh negara anggota FIFA.  

FIFA sendiri hanya bertugas untuk menentukan tiga pemain atau pelatih terbaik di tiap kategori. Sisanya diserahkan kepada para pemilik suara. 

Tentu saja dengan sistem ini output yang dihasilkan bisa subjektif. Apalagi FIFA memasukkan 25 persen kontribusi suara dari fans. Maka tak heran jika penghargaan pemain terbaik UEFA, Ballon d'Or, dan FIFA bisa berbeda. 

Sebetulnya sistem yang dipakai FIFA ini lebih 'adil' jika dibandingkan dengan cara yang digunakan oleh majalah France Football dalam menentukan peraih Ballon d'Or. 

Untuk menentukan peraih Ballon d'Or (sebelum menyatu dengan FIFA tahun 2010), France Football hanya menggunakan voting dari para wartawan. Pada 2006 ada 56 wartawan yang dipilih sebelum akhirnya bertambah menjadi 96 wartawan. 

4. Para Bintang Ogah Narsis

Pada edisi 2020 ini, sorotan mengarah kepada tiga pemain besar dunia, yakni Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Robert Lewandowski. 

Sebagai tiga pemain teratas dalam kategori Best Men's Player, ketiganya ternyata tak memilih nama mereka sendiri di dalamnya. Sebagian bahkan memilih nama rival terdekat mereka sendiri. 

Sebagai pemenang, Robert Lewandowski memilih memilih Thiago Alcantara, rekannya di Bayern Munich, serta Neymar (Paris Saint-Germain) dan Kevin de Bruyne (Manchester City). 

Cristiano Ronaldo selaku kapten Timnas Portugal juga tak memasukkan namanya. Ia lebih menjagokan Robert Lewandowski untuk posisi pertama serta rival abadinya, Lionel Messi, untuk posisi kedua yang diikuti oleh Kylian Mbappe di pilihan ketiga. 

Sementara Messi ogah memilih Ronaldo dan lebih memercayakan posisi pertama pemain terbaik dunia FIFA pada Robert Lewandowski di urutan pertama, Neymar di urutan kedua, dan Kylian Mbappe di urutan ketiga. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%