In-depth

5 Pemain 'Tak Berguna' yang Sebaiknya Ditendang dari Arsenal

Jumat, 18 Desember 2020 14:56 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Catherine Ivill/Getty Images
Arsenal menjalani salah satu awal musim terburuknya di Liga Inggris pada 2020-2021 ini, sejumlah pemain pun mesti bertanggung jawab atas jebloknya penampilan. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Arsenal menjalani salah satu awal musim terburuknya di Liga Inggris pada 2020-2021 ini, sejumlah pemain pun mesti bertanggung jawab atas jebloknya penampilan.

INDOSPORT.COM - Arsenal menjalani salah satu awal musim terburuknya di Liga Inggris pada 2020-2021 ini, sejumlah pemain pun mesti bertanggung jawab atas jebloknya penampilan. 

Tak hanya terpuruk di peringkat 15 klasemen Liga Inggris, Arsenal di bawah Mikel Arteta banyak mencatatkan rekor buruk. Kekalahan dari Burnley di pekan kedua belas Liga Inggris, Senin (14/12/20) dini hari lalu, memaku Arsenal di papan bawah Liga Inggris musim ini.

The Gunners kini di peringkat 15 klasemen sementara, dengan 13 poin dari 12 laga, hanya berjarak 5 poin dari zona degradasi. 

Keterpurukan di musim penuh pertama Mikel Arteta di Arsenal ini terbilang mengejutkan. Sebab, seusai sang pria Spanyol menggantikan Unai Emery pertengahan musim lalu, The Gunners berhasil meraih gelar Piala FA di akhir musim.

Tak cuma soal Arteta, skuad Arsenal musim ini pun terbilang tampil mengecewakan. Sejumlah pemain bahkan harus bertanggungjawab dalam buruknya penampilan The Gunners. 

Berikut ini kami rangkum lima pemain 'tak berguna' Arsenal yang sebaiknya ditendang di bursa transfer nanti. 

1. Alexandre Lacazette

© Twitter Arsenal
Selebrasi gol Alexandre Lacazette dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool, Rabu (15/7/20). Copyright: Twitter ArsenalSelebrasi gol Alexandre Lacazette dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool, Rabu (15/7/20).

Catatan 10 gol dari 12 laga Liga Inggris musim ini adalah raihan terburuk kedua Arsenal sepanjang sejarah setelah musim 1981/1982 ketika mereka hanya mencetak 8 gol.

Pemain yang paling bertanggung jawab adalah Alexandre Lacazette. Mengapa ia lebih bertanggung jawab ketimbang Aubameyang? Sebab bomber asal Prancis tersebut merupakan ujung tombak Arsenal. 

Musim ini Pierre-Emerick Aubameyang mendapat 'ketidakadilan' dengan lebih sering main di pos sayap kiri. Padahal pada musim lalu ia tampil sangat tajam saat rutin dipasang sebagai penyerang tunggal. 

Sebanyak 29 gol dicetak oleh Aubameyang. Sebaliknya, hal itu tak terjadi pada diri Lacazette. 

Sebagai pemain yang cuma diberi tugas sebagai striker, ia musim ini baru membuat empat gol dari 14 laga. Musim lalu pun ia hanya menorehkan 12 gol di seluruh kompetisi. 

Jelas tersirat bahwa Arsenal butuh sosok striker yang lebih tajam dari Lacazette. The Gunners pun bisa pertimbangkan untuk mendepaknya musim depan. 

2. Sokratis Papastathopoulos

© twitter.com/standardsport
Bek Arsenal Sokratis ketika dikartu merah pada laga kontra Rennes di Liga europa, Jumat (08/03/19). Copyright: twitter.com/standardsportBek Arsenal Sokratis ketika dikartu merah pada laga kontra Rennes di Liga europa, Jumat (08/03/19).

Arsenal musim ini berusaha memperkuat pertahannya dengan mendatangkan Gabriel Magalhaes. Sejauh ini, pemain Brasil tersebut mampu menjalankan tugasnya dengan baik. 

Sayang, kedatangan Magalhaes terasa tak berguna lantaran di Emirates Stadium masih bercokol nama-nama pemain uzur seperti Sokratis Papastathopoulos. 

Betul musim lalu Sokratis memainkan sejumlah peran kunci. Namun harus diakui ia bukanlah sosok pemain dengan level yang dibutuhkan oleh Arsenal saat ini. 

Kerap tampil inkonsisten dan bahkan melakukan blunder, tak ada alasan bagi Arsenal menyimpan lama-lama bek Yunani berusia 32 tahun tersebut. 

3. Shkodran Mustafi

© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Bek muslim kelahiran Jerman milik klub Liga Inggris Arsenal Skhodran Mustafi. Copyright: Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty ImagesBek muslim kelahiran Jerman milik klub Liga Inggris Arsenal Skhodran Mustafi.

Keberadaannya di Arsenal sudah mengundang kontroversi sejak musim lalu. Meski berstatus sebagai pemenang Piala Dunia, namun performa Mustafi tak cukup memuaskan bagi Arsenal. 

Pada musim ini ia pun tak banyak berkonribusi di Liga Primer Inggris dengan hanya diturunkan dua kali oleh Arteta. Ia mengalami cedera yang kemungkinan bakal memperburuk performanya di masa mendatang. 

Untuk itu, selagi kontraknya tersisa, lebih baik untuk Arsenal melegonya ke klub lain di bursa transfer. 

4. David Luiz

© Marc Atkins/Getty Images
David Luiz memberikan jempol kepada Anthony Taylor di laga final Piala FA Arsenal vs Chelsea Copyright: Marc Atkins/Getty ImagesDavid Luiz memberikan jempol kepada Anthony Taylor di laga final Piala FA Arsenal vs Chelsea

Kembali, pemain di posisi belakang menjadi sorotan. Kali ini adalah David Luiz. 

Bek asal Brasil itu dinilai tak tampil sebagus saat memperkuat Chelsea di masa lalu. Pemain yang juga pernah memperkuat PSG ini seakan menjadi lambang kebobrokan lini belakang Arsenal yang telah kebobolan 16 gol di Liga Inggris. 

Dengan usia yang sudah tak muda lagi, David Luiz seharusnya sudah digantikan oleh pemain lain yang lebih muda dan potensial. Di bursa transfer Arsenal bisa mencoba mendekati nama-nama bek tangguh seperti Ozan Kabak, Nikola Milenkovic, Ben White, sampai Evan N'Dicka. 

5. Mesut Ozil

© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Mesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris Copyright: Chloe Knott - Danehouse/Getty ImagesMesut Ozil tampak tak percaya Arsenal ditahan West Ham United di Liga Primer Inggris

Nama Mesut Ozil selalu mengundang kontroversi di Arsenal. Sebagai salah satu legenda klub, ia musim ini menjadi pesakitan setelah tak dimasukkan di skuad Arsenal. 

Padahal, pemain bergaji termahal di Emirates Stadium ini tak mengalami cedera. Maka ungkapan tak berguna pun benar-benar melekat padanya. 

Namun, bukan soal Ozil saja yang dipertanyakan. Dalam hal ini keputusan klub juga patut dipersoalkan. 

Jika memang tak menginginkan mantan bintang Timnas Jerman itu di skuad, alangkah lebih baik bagi Arsenal untuk melepasnya di bursa transfer Liga Inggris mendatang demi menghemat pengeluaran klub.