Liga Indonesia

Anti Pemain Titipan! Bung Yuke Paparkan Proses Seleksi Garuda Select 3

Jumat, 18 Desember 2020 10:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Liga Top Skor
Direktur Liga Top Skor U-15, Yusuf Kurniawan. Copyright: © Liga Top Skor
Direktur Liga Top Skor U-15, Yusuf Kurniawan.

INDOSPORT.COM - Komentator sepak bola sekaligus Direktur Liga TopSkor, Yusuf Kurniawan alias Bung Yuke, memaparkan bagaimana anak asuhnya bisa terpilih dalam seleksi program Garuda Select 3 ke Inggris.

Liga TopSkor adalah kompetisi untuk pemain usia muda bersifat terbuka di berbagai wilayah di Indonesia. Ajang ini sejalan dengan misi Garuda Select untuk mengangkat potensi pemain daerah yang kurang terpantau.

Pada Garuda Select jilid III, lima pemain jebolan Liga TopSkor terpilih untuk diberangkatkan ke Inggris, antara lain Adre Arido Giovani, Frezy Al-Hudaefi, Muhammad Faqih Maulana, Muhammad Faiz Maulana, dan Noval Junior Iskandar.

Rupanya, lima pemain ini bukanlah pemain titipan dari maupun manajemen Liga TopSkor, melainkan pemain yang sudah dipantau langsung oleh talent scouting Garuda Select, bahkan sejak jauh-jauh hari.

"Liga TopSkor secara khusus mendapat perhatian talent scouting Garuda Select, namanya Weshley. Dia datang ke Liga TopSkor dan memantau, saat itu sebelum pandemi berlangsung," ujar Yusuf Kurniawan.

"Ketika pandemi kami sempat berhenti, tapi kemudian berlanjut lagi sampai Oktober untuk menyelesaikan kompetisi. Saat itu pihak Garuda Select minta Liga Topskor kirimkan video-video pertandingan." cetus dia.

Setidaknya, 29 pemain jebolan Liga TopSkor mencuri perhatian talent scouting dari Eropa, kemudian dipanggil untuk seleksi langsung ke Bogor, akhir Oktober lalu, salah satunya gelandang Noval Junior Iskandar.

"Jadi Noval ini dipilih langsung dari scouting Garuda Select, bukan pelatih-pelatih yang merekomendasikan. Noval ini juga sudah dipantau lewat video," tuntas Bung Yuke.

Sebanyak 21 pemain Garuda Select akan mengikuti pemusatan latihan (TC) secara intensif yang rencananya berlangsung di Inggris dan berbagai negara Eropa, hingga Mei 2021, bersama Dennis Wise dan Des Walker.