Liga Indonesia

Ditunjuk Jadi Wakil di AFC Cup 2021, Persija Masih Tunggu Keputusan Resmi PSSI

Jumat, 18 Desember 2020 21:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Khairul Imam/Persija
Persija Jakarta mengaku belum menerima surat keputusan penunjukkan mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2021. Copyright: © Khairul Imam/Persija
Persija Jakarta mengaku belum menerima surat keputusan penunjukkan mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2021.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta mengaku belum menerima surat keputusan penunjukkan mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2021. Hal ini diutarakan langsung oleh Presiden Persija Jakarta, Mochamad Prapanca.

Persija sebelumnya ditunjuk PSSI untuk mendampingi Bali United di ajang AFC Cup tahun depan. Penunjukkan Bali United dan Persija Jakarta diputuskan melalui rapat Exco.

Meski sudah mengumumkan Persija akan menjadi wakil di AFC Cup 2021, namun PSSI belum memberikan surat resmi sehingga pihak tim Macan Kemayoran pun belum bisa banyak berkomentar.

"Kita tunggu saja sampai surat resminya keluar. Nanti Persija baru akan memberikan pernyataan resmi. Bisa dibilang kami belum menerima suratnya," kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca.

Ditunjuknya Persija sebagai wakil di AFC Cup sendiri kinu menimbulkan polemik. Pasalnya, sudah ada aturan mengenai pemilihan wakil sebuah federasi di kompetisi Asia.

Merujuk regulasi AFC khususnya panduan manual Sporting Criteria point 9.1, keputusan PSSI jelas tidak sesuai dengan aturan yang ada. 

Apabila menggunakan skema sesuai regulasi, maka yang menemani Bali United di AFC Cup atau Piala AFC 2021 seharusnya Persipura Jayapura selaku peringkat ketiga di Liga 1 2019.