Liga Indonesia

Keren, Abdul Aziz dan Shohei Matsunaga Berbagi Ilmu di Akademi Persib

Jumat, 18 Desember 2020 08:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© persib.co.id
Logo klub Liga 1 Persib Bandung (Jawa Barat). Copyright: © persib.co.id
Logo klub Liga 1 Persib Bandung (Jawa Barat).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, bersama mantan rekan setimnya, Shohei Matsunaga, mengikuti kegiatan coaching clinic yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (17/12/20).

Kegiatan tersebut, merupakan bentuk kerja sama antara Provinsi Jawa Barat dan Prefektur Shizuoka, Jepang, yang bertemakan Since We: Meet Shizuoka. Abdul Aziz dan Matsunaga membagi ilmunya kepada pemainnya U-15 dari Akademi Persib.

Abdul Aziz mengaku senang terlibat dalam kegiatan tersebut karena bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada adik-adiknya. Jebolan Diklat Persib ini juga berharap ke depannya ada pemain dari Jawa Barat yang bermain di Jepang.

"Buat saya sih positif banget ya, bisa kerja sama dengan Shizuoka, siapa tau pemain asal Jabar bisa main di Jepang atau bertukar pemain," kata Abdul Aziz.

Di sisi lain, Shohei Matsunaga menyampaikan materi latihan teknik dasar seperti passing, dribbling, dan shooting kepada para pemain muda secara virtual dari Jepang. 

Sebagai informasi, Matsunaga merupakan mantan pemain Persib Bandung dan selama berkarier di Indonesia pernah memperkuat beberapa tim lain, di antaranya Persiba Balikpapan, Gresik United, Persela Lamongan, PSMS Medan, dan PSIS Semarang.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, yang hadir dan membuka kegiatan lewat seremoni tendangan penalti, mengatakan bahwa acara tersebut sangat positif. Pasalnya, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang turut menunjang pembangunan dan kesehatan masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kerja sama antara Indonesia dan Jepang yang sangat menguntungkan karena meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, termasuk olahraga. Olahraga sangat penting sebagai penunjang kesehatan masyarakat dan menyukseskan pembangunan," tandas Uu.