Bola Internasional

Media Malaysia Kaget Persija Ditolak Berlaga di Piala AFC 2021

Selasa, 22 Desember 2020 01:05 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
© Media Persija
Media Malaysia Kaget Persija Ditolak Berlaga di Piala AFC 2021. Copyright: © Media Persija
Media Malaysia Kaget Persija Ditolak Berlaga di Piala AFC 2021.

INDOSPORT.COM - Klub raksasa Liga 1 2020, Persija Jakarta, harus menelan pil pahit karena gagal berlaga di ajang bergengsi Piala AFC 2021.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja menolak keputusan PSSI yang mendaftarkan Persija Jakarta untuk ikut ajang tersebut. Macan Kemayoran disebut tidak memenuhi persyaratan AFC.

Setiap peserta Piala AFC 2021 harus sesuai dengan Entri Manual AFC Club Competition 2021. Persija yang berstatus sebagai runner-up Piala Indonesia tidak memenuhi persyaratan pendaftaran tersebut.

Karena Persija gagal ke Piala AFC, maka AFC menujuk Persipura Jayapura yang musim lalu finis di urutan ketiga Liga 1 2019. Klub tim berjulukan Mutiara Hitam itu akan menemani Bali United yang berstatus juara Liga 1 2019.

Gagalnya Persija ke Piala AFC dan digantikan oleh Persipura Jayapura kemudian mendapatkan sorotan serius media Malaysia, Vocketfc. Media tersebut terkejud dengan keputusan AFC menolak proposal dari PSSI yang ingin mengajukan Persija sebagai peserta.

"Keputusan awal PSSI untuk mendaftarkan Persija Jakarta sebagai salah satu wakil Indonesia di ajang AFC Cup 2021 dipastikan gagal. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menolak keputusan tersebut," tulis vocketfc.

Sebenarya, ada dua klub yang seharusnya pantas berlaga di ajang tersebut yakni PSM Makassar (juara Piala Indonesia 2018-2019) dan Persebaya Surabaya (runner-up Liga 1 2019). Sayang, kedua klub itu gagal lolos lisensi klub AFC.

Sementara itu, kubu Persipura Jayapura saat ini sedang sibuk melengkapi persyaratan untuk berpartisipasi di Piala AFC 2021 dan dikembalikan ke PSSI selambatnya pada Senin (21/12/20).

Persipura juga sempat meradang ketika ada pemberitaan yang menyebut kalau mereka hanya menggantikan Persija Jakarta ke Piala AFC. Persipura mengklaim berhak untuk mendapatkan satu tiket mewakili Indonesia di ajang Piala AFC 2021.