Liga Inggris

5 Fakta Mengejutkan di Balik Kemenangan Besar Man United atas Leeds

Senin, 21 Desember 2020 02:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nick Potts/PA Images via Getty Images
Selebrasi gol Bruno Fernandes di laga Manchester United vs Leeds United. Copyright: © Nick Potts/PA Images via Getty Images
Selebrasi gol Bruno Fernandes di laga Manchester United vs Leeds United.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan fakta yang tercipta di balik kemenangan besar tuan rumah Manchester United atas Leeds United di pekan ke-14 Liga Inggris 2020/21, Minggu (20/12/20) malam WIB.

Man United berhasil menunjukkan kedigdayaannya di Old Trafford musim ini kala menjamu Leeds. Setan Merah berhasil menggasak The Whites dengan skor besar 6-2.

Kemenangan besar Man United sendiri telah terlihat sejak babak pertama dimulai. Dalam tempo tiga menit pertandingan dimulai, Setan Merah sudah mampu mencetak dua gol lewat Scott McTominay.

Dua gol tersebut pun dilanjutkan dengan gol dari Bruno Fernandes dan Victor Lindelof. Usai kebobolan empat gol dalam tempo 40 menit, Leeds pun mampu mencetak gol lewat Liam Copper.

Lalu di babak kedua, Manchester United tak nampak puas dan tetap melakukan ancaman lewat skema serangan balik. Tak disangka Setan Merah membuat dua gol tambahan lewat Daniel James dan Fernandes sebelum dibalas Leeds United lewat Stuart Dallas.

Hasil tersebut pun membuat Man United merangsek ke tiga besar klasemen sementara Liga Inggris 2020/21. Tentunya, kemenangan ini pun membuat Setan Merah melanjutkan tren positifnya di kancah liga.

Sedangkan bagi Leeds, kekalahan ini kian membenamkan skuat arahan Marcelo Bielsa ke papan bawah. Hasil ini membawa The Whites turun ke posisi 14 dengan koleksi 17 poin.

Di balik laga ini, terdapat sederet fakta menarik yang tercipta di dalamnya. Berikut INDOSPORT rangkum fakta-fakta menarik yang tercipta di laga Manchester United vs Leeds United.

  • Bruno Fernandes mendapuk dirinya sebagai gelandang  terproduktif di 5 liga top Eropa. Berkat dua golnya ke gawang Leeds, ia telah berkontribusi 29 gol (17 gol dan 12 assist) hanya dalam 27 pertandingan.
  • Scott McTominay jadi pemain pertama sepanjang sejarah Liga Inggris yang mencetak dua gol dalam tiga menit awal di mulainya pertandingan.
  • Marcelo Bielsa untuk kedua kalinya kebobolan enam gol dalam satu laga setelah sebelumnya tumbang 6-0 pada 1992 silam saat timnya, Newell’s Old Boys kalah dari San Lorenzo.
  • Manchester United menjadi tim yang pertama kebobolan dan mencetak enam gol atau lebih di laga kandang Liga Inggris dalam satu musim sejak 2011 (yang juga dilakukan Setan Merah).
  • Untuk pertama kalinya Manchester United mencetak enam gol dalam satu pertandingan sejak ditinggal Sir Alex Ferguson.