Liga Indonesia

Persipura Jayapura Belum Terima Jadwal Pertandingan AFC Cup 2021

Rabu, 23 Desember 2020 16:23 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani TC di Malang beberapa waktu lalu. Copyright: © Media Officer Persipura
Skuat Persipura Jayapura saat menjalani TC di Malang beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Jadwal pertandingan play-off AFC Cup 2021 baru-baru ini beredar di media sosial, bahkan salah satu media nasional pun ikut memberitakan hal tersebut. Namun yang pasti, sampai saat ini manajemen Persipura Jayapura belum menerima jadwal tersebut.

Manajemen Persipura melalui asisten manajer Ridwan Bento Madubun mengatakan, pihaknya sama sekali belum mendapatkan jadwal pertandingan play off AFC Cup 2021 seperti yang sudah beredar di media sosial.

"Belum ada sama sekali. Sampai saat ini kita belum menerima jadwal pertandingan untuk play off AFC Cup 2021," ujar Bento kepada awak media olahraga INDOSPORT, Rabu (23/12/20).

Seperti diketahui, sebuah akun media sosial sempat memposting jadwal pertandingan Persipura di laga play-off AFC Cup beserta calon lawan yang akan dihadapi.

Parahnya, salah satu media nasional ikut memberitakan jadwal yang tak diketahui kebenarannya itu. Bahkan di laman resmi konfederasi sepak bola Asia (AFC) pun belum ada jadwal yang dirilis.

Dalam jadwal yang diposting itu, Persipura akan berhadapan dengan pemenang laga antara wakil Timor Leste, Lalenok United, dan wakil Kamboja, Visakha.

Pertandingan play-off AFC Cup 2021 itu kabarnya akan digelar dengan 1 leg saja, karena mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19. Rencananya, laga play off AFC Cup akan berlangsung pada 18 atau 19 Mei 2021.

Tim Mutiara Hitam akhirnya mendapatkan kembali haknya ke turnamen AFC Cup, usai PSSI menganulir blunder yang dilakukan sebelumnya dengan menunjuk Persija Jakarta, runner-up Piala Indonesia 2019 yang notabene tak masuk kriteria.

Persipura finis di peringkat ketiga klasemen akhir Liga 1 2019, dan berhak menggantikan Persebaya Surabaya sebagai runner-up yang tak lolos verifikasi AFC.

Manajemen Persipura Jayapura telah merampungkan 4 persyaratan yang telah diminta oleh federasi sepak bola Indonesia (PSSI) untuk mengikuti ajang AFC Cup 2021.

Berkas 4 persyaratan itu sudah dikirim manajemen Persipura kepada PSSI via email, di antaranya Participating Team Agreement (PTA), club information, warna jersey, dan sertifikat pencahayaan stadion.

"Sesuai perintah Pak Ketua Umum Benhur Tomi Mano, semua persyaratan yang diminta oleh PSSI sudah kami kirimkan via email, ada 4 persyaratan yakni PTA (Participating Team Agreement), club information, warna jersey, dan sertifikat pencahayaan stadion," kata Bento.

Dia mengaku, pihaknya sudah berkomunikasi dengan PSSI agar persyaratan yang dikirim tersebut dapat dikroscek kembali untuk melihat kelengkapannya.

"Secara personal saya juga sudah komunikasi dengan Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, saya mohon kepada beliau untuk koreksi sebelum dikirim ke AFC, sehingga apabila ada kekurangan bisa segera kami benahi, dan pak Yunus Nusi sudah oke," ungkap Bento.

Dirinya berharap, tak ada lagi kendala yang dihadapi oleh Persipura terkait persyaratan tersebut.

"Kami bersyukur karena pada persyaratan club information itu kita juga harus memastikan, Stadion dengan segala kelengkapan dan foto serta sertifikasi pencahayaan, nah kebetulan Stadion Mandala sudah sertifikasi dan sudah pernah dipakai untuk AFC jadi kita bisa dapat data-datanya," ujar Bento lagi.