In-depth

Mengenang Momen Manis Persipura Jayapura Bantai Juara Asia di Piala AFC

Minggu, 20 Desember 2020 18:17 WIB
Editor: Coro Mountana
© repro.eu/wikipedia
Logo Persipura Jayapura. Copyright: © repro.eu/wikipedia
Logo Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM – Persipura Jayapura, tim Indonesia yang pernah membantai juara Asia itu akhirnya dipastikan bakal Kembali ke ajang Piala AFC 2021 bersama Bali United.

Sebelumnya, dikabarkan jika PSSI memilih Bali United dan Persija Jakarta sebagai perwakilan Indonesia bertanding di Piala AFC 2021. Namun AFC sendiri ternyata meminta pemilihan tim dari PSSI harus berdasarkan regulasi yang ada.

“AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner up Piala Presiden 2018/19. Namun AFC ingin klub yang bermain di Piala AFC 2021 harus sesuai entry manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Dengan jawaban dari AFC tersebut, Persipura Jayapura akan menemani Bali United untuk mengikuti Piala AFC 2021 mendatang.

Persipura terpilih karena berada di peringkat tiga Liga 1 2019, menggantikan juara Piala Indonesia, PSM Makassar dan runner up liga, Persebaya Surabaya yang tidak memiliki lisensi klub profesional.

Setelah diputuskan AFC, tim Persipura harus segera melengkapi persyaratan berkompetisi dan dikembalikan ke PSSI selambatnya pada tanggal 21 Desember 2020.

Tim Mutiara Hitam harus menyerahkan formulir participating team agreement yang diisi dan ditandatangani oleh presiden klub, file power point terkait informasi klub, dan formulir warna jersey.

Selain ketiga persyaratan di atas, Persipura juga diharapkan untuk dapat mengirimkan sertifikat pencahayaan lampu stadion yang akan digunakan. Jika itu semua sudah dilengkapi, maka Persipura Jayapura pun berhak tampil di Piala AFC 2021.

Kembalinya Persipura Jayapura ke Piala AFC 2021 tentu rasanya seperti mengembalikan romansa kisah kesuksesan tim Mutiara Hitam di ajang Asia. Seperti yang kita tahu jika Persipura Jayapura pernah mencapai babak semifinal di ajang yang setingkat dengan Liga Europa.

Tak hanya itu, bahkan Persipura Jayapura juga pernah membantai juara bertahan Piala AFC, yang secara tidak langsung itu adalah juara Asia. Bagaimana kisah dongeng saat Persipura Jayapura sukses membantai juara Asia di kancah Piala AFC?