Bola Internasional

Piala Dunia U-20 2021 Batal, Indonesia Sudah Berusaha Yakinkan FIFA

Jumat, 25 Desember 2020 15:12 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Alvin Syaptia/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan Indonesia sudah berupaya keras meyakinkan FIFA mengenai kemampuan dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19 untuk Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © Alvin Syaptia/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan Indonesia sudah berupaya keras meyakinkan FIFA mengenai kemampuan dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19 untuk Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Perhelatan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia sudah dipastikan batal  oleh FIFA karena situasi pandemi di seluruh dunia yang masih belum bisa terkendali. Sebelum benar-benar dipastikan batal, pemerintah Indonesia sempat terus berusaha meyakinkan FIFA untuk tetap melanjutkan rencana tersebut.

Tak hanya perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia, FIFA juga membatalkan perhelatan Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Peru. FIFA memutuskan untuk mengundur kedua event tersebut hingga tahun 2023 dengan Indonesia dan Peru masih sebagai tuan rumahnya.

Pembatalan Piala Dunia U-20 2021 tentu menjadi kabar kurang mengenakan bagi Indonesia. Sebab sejatinya Indonesia yang ditunjuk senam tuan rumah sudah melakukan persiapan dengan cukup matang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan Indonesia sudah berupaya keras meyakinkan FIFA mengenai kemampuan dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19.
 
"Sebagai informasi, sesungguhnya Pemerintah sudah berupaya keras untuk meyakinkan FIFA tentang keseriusan yang ditunjukkan oleh Pemerintah bersama PSSI melalui surat yang dikirimkan pada awal Desember 2020 kepada Presiden FIFA," buka Zainudin Amali.

"Termasuk juga upaya dalam mengatasi masalah pandemi Covid-19," tambah Zainudin.

Zainudin Amali menegaskan dalam surat yang dikirimkan ke FIFA bahkan sudah dilengkapi dengan dukungan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Dalam surat tersebut secara lengkap juga disebutkan tentang dukungan Presiden RI melalui Kepres dan Inpres dan juga optimalisasi persiapan Timnas dan renovasi sejumlah venue pertandingan," beber menteri asal Gorontalo ini.

Namun kini Zainudin Amali menegaskan pemerintah Indonesia menerima keputusan FIFA. Terlebih dengan alasan Pandemi Covid-19 yang juga belum terkendali.

"Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia," tutupnya.