Bola Internasional

Piala Dunia U-20 Tertunda, Bintang Ajax Youth Noah Gesser Kena Imbasnya?

Jumat, 25 Desember 2020 15:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Bintang Ajax Youth, Noah Gesser, bisa merasakan imbas positif dari tertundanya Piala Dunia U-20. Namanya bisa masuk ke Timnas Indonesia U-19 saat turnamen digelar pada 2023 mendatang.

Diketahui sebelumnya, Piala Dunia U-20 2021 yang akan diselenggarakan di Indonesia resmi dibatalkan. Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung menjadi penyebabnya.

Tak hanya Piala Dunia U-20, Piala Dunia U-17 2021 yang akan digelar di Peru juga bernasib sama. Kedua kompetisi ini dijadwalkan digelar pada 2023 mendatang.

Dengan ditundanya turnamen itu, sejumah pemain Indonesia mungkin tidak  bisa ikut andil dalam turnamen itu karena masalah usia. Namun, ini juga bisa membuka kesempatan bagi pemain lain.

Salah satunya pemain yang bisa berkesempatan bermain untuk Indonesia adalah penyerang muda Ajax, Noah Gesser , yang saat ini diketahui masih berusia 15 tahun. 

Noah Gesser merupakan pemain blasteran keturunan Indonesia Belanda, di mana garis keturunan Indonesia dari sang Ibu.

Beberapa waktu lalu, namanya digadang-gadang bisa ikut membela timnas Indonesia U-16 dalam agenda uji coba internasional ke Uni Emirat Arab (UEA). Namun peluangnya untuk memperkuat timnas Indonesia U-16 tertutup lantaran Bima Sakti menegaskan tidak akan memanggil pemain keturunan.

Meski sempat ditolak, bukan tidak mungkin Noah Gesser bakal dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 yang tertunda, di mana saat itu usianya sudah mencapai 18 tahun.

Dihubungi redaksi INDOSPORT pada Juli 2020 lalu,  Noah Gesser pernah mengungkapkan ketersediaannya untuk memperkuat Timnas Indonesia. 

Saat itu, Noah Gesser mengaku belum bisa memutuskan sekarang soal karier internasionalnya antara memilih Timnas Indonesia atau Belanda. Bagi Noah Gesser, dirinya masih terlalu muda, sehingga ingin lebih berfokus terhadap perkembangan kemampuan invidunya terlebih dulu.

"Saya belum bisa memutuskan sekarang tentang membela Timnas Indonesia atau tidak," ungkap Noah Gesser kepada INDOSPORT.

Lebih jauh, Noah Gesser mengaku pernah beberapa kali mendapat panggilan Timnas Belanda U-16. Namun Noah Gesser hanya menjadi pemain cadangan saja, belum diberi kesempatan debut.

"Saya pernah beberapa kali dipanggil Timnas Belanda tapi saya belum pernah mencatatkan debut saya," kata Noah Gesser.

Tahun ini, Noah Gesser mampu mencuri perhatian di tim Ajax Youth. Ia adalah pencetak gol terbanyak tim Ajax U16 dengan torehan 11 gol dalam 7 pertandingan.

Meski tampil moncer di Ajax Youth, sampai saat ini belum ada tanda-tanda Noah Gesser bakal mendapat panggilan Timnas U16. Terakhir, ia pun tidak termasuk ke dalam 26 nama yang menjalani pemusatan latihan tanggal 6-23 Desember 2020 kemarin.