Liga Indonesia

Piala Dunia U-20 2021 Batal Terselenggara, PSSI Hormati Keputusan FIFA

Jumat, 25 Desember 2020 08:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Indra Sjafri. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Indra Sjafri.

INDOSPORT.COM - PSSI menerima keputusan FIFA yang membatalkan hajatan akbar Piala Dunia U-20 2021. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tidak bisa berbuat apa-apa dan menghormati keputusan FIFA menggeser turnamen ke 2023 demi keamanan semua pihak.

FIFA memang sudah mengeluarkan pernyataan di laman resminya terkait pembatalan ini. Situasi pandemi virus corona yang belum terkendali menjadi dasar pertimbangan kebijakan tersebut.

Perihal keputusan FIFA, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengapresiasi dan menghormatinya. Kelancaran hajatan serta keselamatan dan keamanan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 adalah prioritas utama.

“Sebetulnya seluruh persiapan terkait penyelenggaraan dan menyambut Piala Dunia U-20 2021 sudah kami lakukan dengan maksimal dan matang. PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 2021," ucap Iwan Bule dalam rilis resmi PSSI.

Dengan ditundanya Piala Dunia U-20, Mochamad Iriawan memastikan akan terus berkordinasi baik dengan FIFA, INAFOC, dan enam kota yang sudah terlanjur ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Bersama dengan FIFA, INAFOC, dan kota-kota tuan rumah di seluruh Indonesia, PSSI berharap dapat bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk menyelenggarakan turnamen edisi berikutnya pada 2023," pungkas Iwan Bule.

Sekadar mengingatkan, PSSI sudah menentukan enam stadion sebagai venue pertandingan untuk Piala Dunia U-20 2021. Seluruhnya telah dilakukan peremajaan dan penambahan fasilitas yang sesuai dengan standar FIFA.

Ada pun enam stadion tersebut antara lain, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).