Bola Internasional

Piala Dunia U-20 Resmi Diundur, Timnas Indonesia Justru Diuntungkan?

Jumat, 25 Desember 2020 00:53 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Bandung Saputra/PSSI
Timnas Indonesia U-19 justru diuntungkan setelah muncul kabar resmi bahwa FIFA telah memutuskan untuk menunda kompetisi akbar Piala Dunia U-19 2021 ke 2023. Copyright: © Bandung Saputra/PSSI
Timnas Indonesia U-19 justru diuntungkan setelah muncul kabar resmi bahwa FIFA telah memutuskan untuk menunda kompetisi akbar Piala Dunia U-19 2021 ke 2023.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 justru diuntungkan setelah muncul kabar resmi bahwa FIFA telah memutuskan untuk menunda kompetisi akbar Piala Dunia U-20 2021 ke 2023.

Kabar mengejutkan terkait perhelatan Piala Dunia U-20 2021 muncul baru-baru ini. FIFA secara resmi mengambil keputusan untuk menunda penyelenggaraan tersebut menjadi untuk tahun 2023.

Penyebab utamanya adalah penyebaran Covid-19 atau virus corona yang masih mengancam keselamatan masyarakat. Apalagi, Indonesia menjadi tuan rumah untuk kompetisi tersebut.

"Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk dinormalisasi ke tingkat yang memadai untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen," tulis FIFA, dalam rilis resmi.

Resmi diundur, situasi ini justru bakal menguntungkan bagi Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Sebab, mereka jadi memiliki waktu berlatih yang lebih banyak lagi untuk menempa fisik yang kurang kuat.

Melansir dari ANTARA, Tae-yong sendiri memang menitikberatkan perhatian kepada kondisi fisik pemain timnas sejak dikontrak oleh PSSI pada Desember 2019 yang lalu.

Menurutnya, fisik para pemain Timnas Indonesia di berbagai level masih jauh di bawah rata-rata untuk bisa sukses di kejuaraan berat seperti Piala Dunia. Bahkan, mereka masih lebih lemah dibanding para pemain Jepang atau Korea Selatan.

Hal tersebut masuk akal sebenarnya. Sebab, Tae-yong memang diminta untuk mengantarkan skuat Garuda lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 yang diundur sampai tahun 2023 tersebut.

Artinya, dengan pengunduran jadwal ini, Tae-yong bisa memiliki waktu yang lebih lama untuk benar-benar menggembleng dan menggenjot fisik para pemain asuhannya.