Liga Indonesia

Piala Dunia U-20 2021 Dibatalkan Gara-gara Virus Corona, PSSI Pasrah

Jumat, 25 Desember 2020 07:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI dan FIFA. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo PSSI dan FIFA.

INDOSPORT.COM - Hajatan besar Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia U-17 telah dipastikan batal diselenggarakan tahun depan. FIFA memutuskan untuk menggeser kedua turnamen itu ke 2023.

Sekadar mengingatkan, Piala Dunia U-20 akan berlangsung di Indonesia, sementara Piala Dunia U-17 bertempat di Peru. Namun, situasi pandemi virus corona yang masih belum terkendali di seluruh dunia membuat FIFA terpaksa mengambil kebijakan tersebut.

Berdasarkan rilis PSSI, FIFA memang menunda event ini, tapi Indonesia dan Peru kemungkinan masih menjadi tuan rumah. Imbasnya hanya timnas yang diturunkan nantinya berubah total, bukan lagi U-19 generasi Bagus Kahfi, melainkan anak-anak asuh Bima Sakti di kategori usia U-16.

"PSSI sangat mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 dan memastikan koordinasi antara kami dan INAFOC terus berjalan dengan lancar," begitu bunyi rilis resmi PSSI, Kamis (24/12/20) tadi malam.

Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 sudah banyak melakukan persiapan, mulai dari penentuan enam stadion sebagai venue hingga mempersiapkan timnas Indonesia yang akan tampil di ajang tersebut.

PSSI sebagai federasi sepak bola Indonesia menyiapkan timnas Indonesia U-19, bahkan demi mempersiapkan dengan matang, pasukan Shin Tae-yong dikirim berlatih di Eropa.

Pertama PSSI mengirim timnas Indonesia U-19 ke Kroasia periode Agustus hingga Oktober. Yang terbaru Skuat Garuda Muda akan dikirim ke Spanyol pada 26 Desember hingga 31 Januari 2021.