Liga Indonesia

Tekad Riyandi Sisihkan Nadeo, Aqil Savik dan Miswar di Skuat SEA Games

Jumat, 25 Desember 2020 11:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi kiper M. Riyandi mencoba menepis bola dalam latihan tendangan penalti. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi kiper M. Riyandi mencoba menepis bola dalam latihan tendangan penalti.

INDOSPORT.COM - Persaingan posisi kiper di timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2021 sangat ketat. Setidaknya ada empat penjaga gawang yang dipanggil untuk seleksi, salah satunya Muhammad Riyandi.

Selain Riyandi, hadir pula kiper utama di SEA Games 2019, yakni Nadeo Argawinata, disusul penjaga gawang muda yang juga mencoba peruntungan dalam seleksi kali ini, Aqil Savik dan Miswar Saputra.

Empat kiper dan 32 pemain lain sudah mengikuti pemusatan latihan di Jakarta sejak Minggu (20/12/20). Mereka digembleng oleh pelatih Shin Tae-yong dan asistennya yang sudah lama di Indonesia, Yoo Jae-hoon.

Riyandi mengaku pemusatan latihan berjalan lancar dalam satu pekan terakhir, dan ia juga dalam kondisi fit sehingga punya misi tinggi untuk menembus skuat utama timnas Indonesia U-22, lalu tampil di SEA Games 2021 di Vietnam.

“Target saya yang pertama tentu masuk ke dalam skuat utama. Setelah itu baru menjadi pemain inti, yang penting masuk skuat utama dulu,” ucap M. Riyandi via laman resmi Barito Putera.

Guna memuluskan misi tersebut, kiper berusia 20 tahun itu pun berjanji akan mengerahkan 100 persen kemampuannya dan siap menerima materi dari Shin Tae-yong yang terkenal tegas dalam menempa fisik pemain.

“Yang pasti, saya bersyukur bisa kembali dipercaya dan dipanggil timnas Indonesi. Saya tidak mau menyia-nyiakan peluang. Setiap latihan pasti saya akan mengerahkan 100 persen kemampuan,” imbuhnya.

Riyandi menjadi satu-satunya pemain Barito Putera dalam seleksi skuat timnas Indonesia U-22. Namun perjalannya tentu tidak mudah, sebab ia harus menyisihkan beberapa kiper berpengalaman di kompetisi Liga 1.

Sebut saja Nadeo Argawinata dari Bali United, yang musim lalu menjadi andalan timnas Indonesia U-22 di SEA Games, Miswar Saputra (PSM Makassar), dan Aqil Savik (Persib Bandung).