Liga Spanyol

Bangun Mental Juara, Koeman Ancam Skuat Barcelona Pakai Bonus Akhir Musim

Sabtu, 26 Desember 2020 13:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© David Ramos/Getty Images
Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Ronald Koeman. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Ronald Koeman.

INDOSPORT.COM – Ronald Koeman memperingatkan pasukan Barcelona bahwa bonus akhir musim tidak akan diberikan bila timnya gagal juara di akhir musim.

Ronald Koeman sudah hampir enam bulan menangani Barcelona. Namun, sejauh ini tim belum menunjukkan hasil yang memuaskan, terutama di musim 2020-2021.

Barcelona kini berada di posisi lima LaLiga dengan meraih 24 poin dari 14 laga. Mereka tertinggal delapan angka dari Atletico Madrid pemuncak klasemen. 

Berbicara mengenai situasi tersebut, Koeman meminta agar Lionel Messi dan kawan-kawannya untuk menyadari pentingnya memiliki mental juara.

"Berada di klub seperti Barcelona, kita harus memenangkan sesuatu. Dan tujuan kami ada untuk meraih kemenangan dan mendapatkan trofi," kata Koeman dikutip dari Football Espana.

"Kita tidak akan mendapatkan bonus saat berada di posisi empat, tapi kita harus berada di peringkat pertama. Dan mental itulah yang harus dimiliki oleh tim," tambahnya. 

Lebih lanjut, pelatih asal Belanda itu juga menyinggung soal perubahan masif yang tengah dialami klub, terutama di saat klub sedang mengalami kesulitan keuangan hingga masalah gaji pemain.

 "Situasi sulit ini dikarenakan pandemi virus corona COVID-19," jelasnya. 

"Tapi Barcelona adalah tim yang membutuhkan kemenangan, namun dengan kesadaran bahwa perubahan perlu dilakukan, dan tetap memiliki cita-cita yang besar. Itulah yang harus menjadi mentalitas di sini," katanya. 

Barcelona sendiri dijadwalkan untuk melanjutkan kompetisi LaLiga Spanyol dengan menghadapi Eibar pada 30 Desember 2020 di Camp Nou. Kemenangan dari Eibar bisa membantu tim memperkecil jarak dari Atletico Madrid di puncak klasemen.