Liga Indonesia

Target Promosi ke Liga 2, Klub Tetangga Sriwijaya FC Bidik Kayamba Gumbs?

Minggu, 27 Desember 2020 07:45 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Indosport/M Effendi
Keith Kayamba Gumbs saat masih menjadi asisten pelatih Sriwijaya FC. Copyright: © Indosport/M Effendi
Keith Kayamba Gumbs saat masih menjadi asisten pelatih Sriwijaya FC.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari klub Liga 3 asal Sumatra Selatan, PS Palembang. Tim berjuluk Laskar Segentar Alam belakangan dikaitkan dengan salah satu legenda Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs.

Dalam rapat pengurus PS Palembang di Kedai Tiga Nyonya, Palembang, Rabu (23/12/20), dibahas soal persiapan tim menjelang musim baru, termasuk penunjukkan pelatih dan seleksi pemain. Pertemuan dipimpin langsung Presiden PS Palembang, Ratu Dewa.

Mengenai pembentukan skuat, manajemen PS Palembang berencana akan menggelar seleksi terbuka dalam waktu dekat. Untuk pelatih sudah ada beberapa yang mereka bidik, baik nama lokal potensial maupun nama beken, salah satunya legenda hidup Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs.

“Tapi semua itu masih sebatas rumor saja karena manajemen PS Palembang sendiri juga belum membuka komunikasi dengan Kayamba Gumbs,” kata Ratu Dewa kepada awak media.

Meski demikian, Ratu Dewa tidak membantah bahwa Kayamba Gumbs tergolong pelatih yang hebat. Sang legenda merupakan salah satu pemain andalan dan terbaik di Liga Indonesia semasa membela Sriwijaya FC periode 2007-2012.

“Kami tahu Kayamba Gumbs merupakan pemain dengan fisik dan pola hidup yang sangat baik. Dia juga sangat disiplin dengan waktu,” terang pria yang juga menjabat Sekda Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tersebut.

PS Palembang diberi target promosi ke Liga 2 musim depan. Manajemen PS Palembang langsung bergerak pasca-dilantik pada awal November silam, di antaranya dengan menghadirkan Sekretariat di Jalan Rajawali, Palembang dan menggelar lomba desain jersey.

“Insya Allah awal tahun depan tepatnya, 7 Januari 2021 kita akan umumkan pemenang lomba desain jersey PS Palembang sekaligus peresmian Sekretariat. Salam Betaji (Berjuang Tepati Janji),” pungkas Ratu Dewa.

Sekadar mengingatkan, Kayamba kini masih berstatus pelatih salah satu tim lokal di Australia. Dia sempat menjadi pelatih fisik Sriwijaya FC era Hartono Ruslan (2017). 

Kayamba Gumbs merupakan mantan pemain sekaligus kapten timnas St Kitts-Nevis. Dia memegang rekor sebagai bomber paling maut yang pernah dimiliki Sriwijaya FC dengan koleksi 74 gol dalam 145 penampilan.

Tak hanya tajam, Kayamba juga turut mengantarkan Sriwijaya FC meraih sejumlah prestasi bergengsi, antara lain juara Liga Indonesia (2007-2008) plus tiga Copa Indonesia (2008, 2009, 2010) dan Community Shield (2010). 

Kayamba juga memiliki kebiasaan selebrasi unik setelah mencetak gol. Dia selalu memberikan kejutan sekaligus hiburan kepada fans sehingga selebrasinya selalu dinanti di setiap pertandingan.