Liga Spanyol

Kisah Mourinho Colok Mata Vilanova di El Clasico Real Madrid vs Barcelona

Minggu, 27 Desember 2020 14:03 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Kisah Jose Mourinho yang sempat colok mata Tito Vilanova di laga LaLiga Spanyol antara Real Madrid lawan Barcelona. Copyright: © INDOSPORT
Kisah Jose Mourinho yang sempat colok mata Tito Vilanova di laga LaLiga Spanyol antara Real Madrid lawan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Duel dua rival LaLiga Spanyol antara Real Madrid melawan Barcelona memang terkadang punya banyak drama. Salah satu yang paling menarik ialah kisah konyol Jose Mourinho yang mencolok mata asisten pelatih El Barca, Tito Vilanova.

Sebelum kini menukangi Tottenham Hotspur, The Special One menjadi salah satu pelatih unggulan Real Madrid (2010-2013). Periode 2010 hingga 2012 menjadi salah satu era terbaiknya ketika berseteru dengan Pep Guardiola, pelatih unggulan Barcelona.

Alkisah kedua pelatih ini kembali bertemu saat tim-tim yang mereka asuh mengikuti perebutan trofi Supercopa de Espana 2011. Saat itu Barcelona memiliki skuat generasi emas sementara Los Blancos juga tak kalah mematikan lewat Los Galacticos mereka.

Terjadi insiden bola panas saat Piala Super Spanyol memasuki putaran kedua, kala itu Blaugrana sudah unggul 3-2 sehingga mereka sudah menang lawan rival El Clasico dengan agregat skor 5-4. Menit-menit akhir situasi begitu kacau karena ego para pemain dua kubu.

Marcelo kedapatan lakukan tekel keras kearah Cesc Fabregas, salah satu gelandang andalan Barca. Diganjar kartu merah, Mesut Ozil selaku rekannya yang tak terima juga mendapat hukuman serupa hingga buat perselisihan tak terelakan.

Melansir Telegraph, kejadian pertengkaran ini pun kian ramai kala staf kepelatihan ikut berkumpul di lapangan, tentu saja agar bisa menengahi permasalahan. Akan tetapi, entah karena terlanjur gemas atau memang ada dendam, Mourinho malah lakukan hal kontroversial.

Ya, kabarnya tak puas dengan keputusan wasit yang buat timnya kalah, ia melampiaskan emosinya dengan mencolok mata Tito Vilanova. Aksinya menyerang tangan kanan Pep Guardiola ini pun sempat tertangkap kamera hingga jadi headline berita sepak bola Spanyol.

Tentu saja federasi sepak bola Negeri Matador atau RFEF langsung memberikan sanksi kepada keduanya. Meski demikian, pemberian hukuman ini pada akhirnya dibatalkan karena tanpa suatu alasan yang jelas.

Pasca laga, Mourinho yang biasanya takabur akhirnya mengakui kesalahannya. Dengan alasan lepas kontrol, pelatih asal Portugal itu menyesali segala hal yang telah terjadi kala El Clasico bertambah ricuh.

Bagaimana dengan Tito? Meskipun matanya sampai dicolok, ia tetap berbesar hati memaafkan tingkah konyol dari pelatih berprestasi itu. Hubungan keduanya pun berangsur membaik.

Selang dua tahun kemudian kala Mourinho meninggalkan Spanyol dan lantas mengukir sejarah kembali dengan Chelsea. Hal mengejutkan terjadi, Vilanova telah berpulang usai berjuang dengan penyakit kanker yang dideritanya.

Jose Mourinho yang masih mengenanang mendiang lantas menyampaikan rasa belasungkawa. Momen-momen terakhir pertemuannya ketika Real Madrid bersua Barcelona pun menjadi salah satu kenangan yang sulit terlupa ketika berkarier di LaLiga Spanyol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%