Bola Internasional

Gelar Yoyo Test, Pemain Garuda Select Kalah Bugar dari Lorenzo

Selasa, 29 Desember 2020 09:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Satu pekan setelah laga uji coba kontra Port Vale U-18, skuat Garuda Select menjalani tes kebugaran atau Yoyo Test pada Senin (28/12/20). Hasilnya, para pemain Indonesia kalah bugar dari Lorenzo.

Yoyo Test merupakan latihan lari bolak-balik dari satu titik ke titik lainnya dalam waktu tertentu. Tujuannya untuk menilai kemampuan pemain dalam situasi yang membutuhkan ketahanan fisik tinggi.

Nilai standar Yoyo Test untuk atlet laki-laki adalah 14-20. Hasil ini mampu diraih oleh penggawa Garuda Select yang baru satu bulan hijrah ke Inggris, dan baru beradaptasi dengan atmosfer sepak bola di Eropa.

Hanya saja, dari 21 pemain Garuda Select asal Indonesia, hasil Yoyo Test mereka justru disalip oleh striker asal Italia, Lorenzo, yang juga bergabung dalam pasukan Des Walker dan turun di laga uji coba perdana.

Pada Yoyo Test pekan ini, Lorenzo mampu mencapai angka 20.2, angka yang cukup tinggi untuk seorang pesepak bola. Lorenzo tentu punya keunggulan karena sudah familiar dengan tekanan fisik di Eropa.

Perlu diketahui, Lorenzo merupakan pemain asing yang ikut serta dalam program Garuda Select 3. Sosok jangkung ini piawai mengsi pos striker di klub AS Masseroni, salah satu akademi sepak bola terbaik asal Italia.

Untuk selanjutnya, Yoyo Test akan dilakukan secara reguler, sekaligus untuk memantau perkembangan fisik pemain Garuda Select selama menjalani program latihan di Inggris.

Yoyo Test juga pernah digelar saat program Garuda Select 2. Kala itu, Brylian Aldama dan Kakang Rudianto yang kini tergabung dalam skuat timnas Indonesia U-19, meraih angka tertinggi dalam tes kebugaran, yakni 20,6.