Liga Spanyol

Kolom LaLiga: Selebrasi Satu Abad Osasuna di Tengah Pandemi

Jumat, 1 Januari 2021 19:47 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© LaLiga
Fran Canal, Direktur Utama CA Osasuna. Copyright: © LaLiga
Fran Canal, Direktur Utama CA Osasuna.

INDOSPORT.COM – Pandemi virus Corona atau Covid-19 memukul telak industri sepak bola LaLiga Spanyol, termasuk klub CA Osasuna. Dalam rilis eksklusif yang diterima INDOSPORT, Direktur Utama CA Osasuna Fran Canal memaparkan kondisi timnya usai terdampak pandemi virus corona.

Salah satu dampak menyakitkan dari pandemi adalah para fans tak bisa merayakan satu abad usia klub Osasuna yang jatuh pada 24 Oktober lalu. Fran Canal pun menyayangkan para fans tak bisa berselebrasi bareng tim kesayangannya itu secara langsung di Stadion El Sadar.

“Penggemar Osasuna tidak seharusnya merayakan tahun keseratus ini jauh dengan tim dambaan mereka. Namun, yang terpenting adalah, di saat mimpi buruk ini selesai, kita akan bertemu kembali dan mendapatkan dukungan penuh dari para penggemar kami,” buka Fran Canal dalam kolomnya.

Ia melanjutkan, 2020 merupakan tahun di mana Stadion El Sadar mengalami transformasi yang begitu signifikan dalam 53 tahun sejarahnya. Meski stadion ini masih mempertahankan esensi di dalamnya, tetapi banyak aspek di stadion yang mengalami perubahan sejak terakhir kali stadion tersebut diisi oleh para fans di bulan Maret.

“Kami harus menambah kapasitas stadion menjadi 23.567 kursi, membangun tribun tambahan, memasang atap baru, merenovasi bagian luar stadion, meletakkan kursi VIP, dan lain-lain.”

Direktur Osasuna juga mengakui, pandemi membuat kondisi finansial klubnya terpukul, padahal mereka berencana untuk merayakan ulang tahun klub yang ke-100 sekaligus memulai proyek renovasi Stadion El Sadar.

“Namun, saya pikir para klub dan pekerja berhasil menjawab tantangan tersebut. Osasuna merupakan klub pertama yang mencapai kesepakatan dengan skuad olahraganya dan karyawan non-olahraganya dalam mengurangi dampak ekonomi COVID-19,” lanjut Fran Canal.

“Hal tersebut merupakan negosiasi yang dilakukan dengan kebijaksanaan dan empati seluruh pihak, suatu hal yang mencerminkan nilai klub di Osasuna.”

Fran Canal juga mengapresiasi LaLiga dalam memimpin klub di dalam situasi yang sulit dan unik ini, dengan menerapkan protokol seketat mungkin seperti yang diperlukan dan dianjurkan.

Komitmen dari para pemain dan profesional lainnya juga merupakan kunci untuk memastikan apabila klub bisa menerima jumlah yang telah disepakati untuk hak audiovisual, sehingga mampu mengantisipasi dampak pukulan ekonomi.

“Kami menghadapi resesi ekonomi yang akan mempengaruhi hampir seluruh sektor. Selain itu, penyusutan penonton dan kurangnya para penggemar membuat kembalinya sepak bola menjadi kurang bernilai bagi para sponsor, dan konsekuensinya, itu akan mengurangi jumlah uang yang mereka akan bayar untuk mendukung para klub sepak bola,” bebernya lagi.

Namun meski masih terus menerima hantaman dampak buruk dari berbagai sisi akibat pandemi, Osasuna masih menyimpan optimisme besar karena para fans setia mereka masih terus menyalurkan dukungan kepada klub.

“Saya harap, kita semua bisa kembali ke kondisi aman yang bisa membawa para fans kembali ke stadion. Kami tidak boleh lupa kalau mereka adalah alasan kami tetap bermain dan terlibat dalam sepak bola.”

“Kami butuh stadion yang penuh, penuh dengan teriakan dan keseruan yang bergairah. Kami butuh merasakan perasaan itu dan membuat memori yang terkenang seumur hidup. Para penggemar kami membutuhkan kami dan kami juga membutuhkan mereka,” tutupnya.

Selanjutnya dalam jadwal Liga Spanyol, Osasuna akan melawan Real Sociedad pada Senin (04/01/21) sebelum menantang Real Madrid pada Minggu (10/01/21) dini hari.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%