Liga Inggris

Mantan Pelatih Legendaris Manchester United Meninggal Dunia

Jumat, 1 Januari 2021 04:27 WIB
Editor: Isman Fadil
© Peter Robinson/EMPICS via Getty Images
Tommy Docherty saat membawa Manchester United menjuarai final Piala FA 1977 mengalahkan Liverpool 2-1. Copyright: © Peter Robinson/EMPICS via Getty Images
Tommy Docherty saat membawa Manchester United menjuarai final Piala FA 1977 mengalahkan Liverpool 2-1.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Manchester United, Tommy Docherty, meninggal dunia pada usia 92 tahun karena lama menderita sakit, Kamis (31/12/20) waktu setempat di Skotlandia.

Selama karier kepelatihannya, Docherty sudah menangani 12 klub, yang mana salah satunya adalah Manchester United.

Pria yang dikenal dengan sebutan 'The Doc' ini menjadi pelatih kepala Manchester United selama lima musim dari tahun 1972 sampai 1977. Sempat mengalami fase buruk yakni terdegradasi pada kampanye 1973/1974, Docherty mampu mengangkat kembali derajat Manchester United ke kasta teratas Liga Inggris semusim kemudian.

Selain itu, tinta emas pria asal Skotlandia bersama Manchester United terjadi pada final Piala FA 1977. Menghadapi Liverpool asuhan Bob Paisley, Setan Merah mampu dibawanya keluar sebagai juara dengan memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 di Stadion Wembley.

Juru bicara keluarga mengatakan Tommy Docherty meninggal dunia dengan damai dengan dikelilingi oleh kelurga tercinta di kediamannya.

"Tommy meninggal dengan damai dikelilingi oleh keluarganya di rumah. Dia adalah suami dan ayah yang sangat dicintai dan akan sangat dirindukan. Kami meminta privasi kami dihormati saat ini. Tidak komentar lebih lanjut." katanya dikutip dari Manchester Evening News.

Tidak lupa, Manchester United sebagai mantan klub Docherty menyampaikan rasa bela ungkawa yang mendalam atas kepergian pelatih yang juga pernah membesut Chelsea dan Aston Villa tersebut.

"Kami sangat sedih dengan meninggalnya Tommy Docherty, yang membawa kami meraih kemenangan Piala FA pada tahun 1977 dengan tim yang menyerang dan mendebarkan dalam tradisi terbaik Manchester United."

"Semua orang di klub mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada orang yang dicintai Tommy," demikian pernyataan resmi Manchester United