Bola Internasional

Profil Kiper Garuda Select: Aditya Juli, Anak Bali yang Hijrah ke Persebaya

Jumat, 1 Januari 2021 11:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram
Kiper Garuda Select 3, I Gede Aditya Juli Antara (kiri). Copyright: © Instagram
Kiper Garuda Select 3, I Gede Aditya Juli Antara (kiri).

INDOSPORT.COM - Berikut profil kiper Garuda Select 3, I Gede Aditya Juli Antara, anak Bali yang berani mengadu nasib dan hijrah ke luar daerah, hingga memperkuat Persebaya Surabaya di Elite Pro Academy Liga 1 U-16 .

I Gede Aditya Juli Antara merupakan pemain binaan SSB Damar Cakti, Denpasar. Kala itu, ia belum berposisi sebagai kiper, melainkan bek, namun nasib menuntunnya untuk menjadi penjaga gawang.

"Waktu 2012, saya gabung SSB sebagai bek. Setahun kemudian, kiper di tempat saya pindah kota dan waktu itu tidak ada orang lagi," ungkap Aditya Juli via situs Garuda Select.

"Pelatih pun merasa postur saya cocok dan akhirnya setelah mencoba, ternyata nyaman dan akhirnya sampai sekarang," imbuhnya.

Setelah tiga tahun di SSB Damar Cakti, Adit kemudian pindah ke SSB Putra Dewata pada 2016 hingga kini. Dari sana, jalan menuju Program Garuda Select terbuka. Adit lolos seleksi dan menyingkirkan kandidat lainnya. 

"Waktu ada Program Garuda Select angkatan pertama, saya beberapa kali menonton dan berandai-andai untuk bisa seperti mereka. Akhirnya tahun ini kesempatan itu datang," cetusnya.

Sebelumnya, Adit mengaku sempat tidak lolos seleksi di Bali United U-16 pada tahun 2018. Pada 2019, Bali United tidak mengadakan seleksi khusus di posisi kiper.

Sehingga, Adit mencoba peruntungan ikut seleksi di Persebaya Surabaya U-16, dan akhirnya bergabung di tim sejak 2019. Sayangnya, Adit dkk. gagal melaju ke semifinal Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%