Liga Indonesia

Nick Kuipers Sebut Pengalaman Unik Main di Indonesia ke Media Belanda

Minggu, 3 Januari 2021 12:04 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Nick Kuipers. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Nick Kuipers.

INDOSPORT.COM - Pemain asing Persib Bandung, Nick Kuipers menceritakan suka dan duka saat bertanding di Indonesia. Ada banyak pengalaman unik yang didapatnya.

Semua pengalaman itu diceritakan oleh Nick Kuipers kepada media Belanda bernama 1limburg. Di awal cerita, Kuipers menyebut dirinya sebagai petualang di dunia sepak bola.

Pasalnya ia sudah melalang buana ke berbagai klub seperti MVV Maastricht, ADO Den Haag, FC Emmen, dan terakhir Persib Bandung.

"Indonesia adalah negara dengan budaya sepak bola yang luar biasa. Orang-orangnya memang tinggal di sana untuk berolahraga. Tetapi Indonesia juga merupakan negara yang sibun dimana jumlah penduduknya jauh lebih besar daripada di sini," ujar Nick Kuipers.

Meskipun teknologi dan fasilitas di Indonesia tidak semaju di negara asalnya, Kuipers tidak pernah menyesal akan pilihannya untuk membela Persib Bandung.

"Banyak pemain yang ingin kembali setelah beberapa lama di sana, tetapi itu tidak berlaku bagi saya. Kebetulan mereka tidak memiliki VAR dan lapangan rumput sintetis, tetapi saya tidak keberatan," sambungnya lagi.

"Sebenarnya tidak ada yang membuat saya ragu untuk bertahan. Meski sudah banyak pengalaman unik yang saya dapatkan seperti bertanding di tengah hujan, melihat lemparan batu yang menembus jendela bus pemain, menyaksikan stadion penuh suporter, dan terbang menggunakan pesawat untuk laga tandang," sambungnya lagi.

Semua pengalaman unik itu menjadi momen tak terlupakan bagi Nick Kuipers. Satu hal yang membuatnya sangat terkesan adalah soal militansi para suporter saat mendukung Persib Bandung.