Liga Indonesia

Terkesan dengan Suporter, Nick Kuipers Samakan Persib dengan Ajax Amsterdam

Minggu, 3 Januari 2021 12:31 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persib Bandung, Nick Kuipers menghindari kejaran Gian Zola saat game internal di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persib Bandung, Nick Kuipers menghindari kejaran Gian Zola saat game internal di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Pemain asing Persib Bandung, Nick Kuipers terkesan dengan militansi suporter Persib Bandung. Melihat antusiasme itu, Kuipers menyamakan Persib dengan tim Ajax Amsterdam.

Persib Bandung memang memiliki suporter setia bernama Bobotoh yang selalu totalitas memberikan dukungan. Kehadiran mereka membuat atmosfer pertandingan menjadi tak terlupakan.

Hal itu dialami langsung oleh Nick Kuipers selama berseragam Persib Bandung.

"Untuk ukuran klub, Persib Bandung tidak bisa dianggap remeh. Ini Ajax Indonesia. Mereka memiliki pendukung di seluruh negeri, itu luar biasa," ujar Kuipers dilansir dari 1limburg.

Dalam suatu pertandingan kandang Persib Bandung, biasanya ada 40.000 penonton yang memadati stadion. Kondisi itu tidak jauh beda dengan laga kandang Ajax Amsterdam yang selalu dipenuhi dengan suporter setia.

Tidak bisa ditampik, Nick Kuipers merindukan momen itu. Namun kini Liga 1 belum bisa dilanjutkan karena adanya pandemi virus corona.

"Bola sudah lama tidak bergulir di Indonesia. Sebagian karena polisi takut para suporter masih datang ke stadion meskipun laga berlangsung tertutup. Tentu itu sangat beresiko," sambungnya lagi.

Nick Kuipers berharap Liga 1 bisa segera dilanjutkan. Rencananya kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu akan mulai bergulir pada Februari mendatang. Namun, belum ada keputusan pasti tentang rencana tersebut.