Liga Indonesia

Liga 1 Tak Kunjung Mulai, Pelatih Persita 'Nyambi' Jadi Talent Scouting

Senin, 4 Januari 2021 17:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Kemenpora
Mukti Ali Raja saat menjabat asisten pelatih timnas Indonesia U-19. Copyright: © Kemenpora
Mukti Ali Raja saat menjabat asisten pelatih timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper Persita Tangerang, Mukti Ali Raja, punya profesi sampingan. Dia menjadi pemandu bakat pemain potensial selama vakumnya Liga 1 2020. 

Mukti Ali Raja ditunjuk oleh Kemenpora RI untuk menentukan siapa saja pemain putri yang layak masuk ke Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa (PPLM). 

Ia menerima 'tantangan' itu untuk membantu sepak bola wanita lebih berkembang dan sejajar sepak bola pria. Mukti tidak ketinggalan mempromosikan sekolah sepak bola putri yang berada dekat rumahnya. 

"Bukan melatih tapi saya hanya menjadi talent scouting di PPLM putri Kemenpora. Terus promosi tim putri SSB dekat rumah," tutur Mukti Ali Raja, Senin (4/1/21).

Sebagai tim scouting, Mukti bertugas untuk memberikan penilaian calon-calon kiper yang ikut seleksi, di mana atlet yang lolos akan mendapat beasiswa. Ia ditemani Yopie Riwuh, Rully Nere sebagai pelatih timnas putri, dan beberapa nama lainnya dari SKO Ragunan.

Kegiatan talent scouting tersebut berlangsung dalam dua kesempatan pada akhir tahun lalu. Mukti Ali Raja berharap para atlet yang lolos nanti bisa masuk skuat timnas putri Indonesia. 

Keberadaan PPLM putri Kemenpora diharapkan menjadi pelecut gairah sepak bola putri Indonesia ke depannya. Mukti Ali Raha juga mengusulkan agar dibuat kompetisi reguler buat pesepak bola putri seperti musim lalu.