In-depth

Masih Lesu, Sampai Kapan Real Madrid Bersabar untuk Eden Hazard?

Senin, 4 Januari 2021 15:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter @ChampionsLeague
Walau telah pulih dari cedera panjang, Eden Hazard belum juga bangkit dan mendapat kepercayaan penuh dari klub raksasa LaLiga, Real Madrid. Copyright: © Twitter @ChampionsLeague
Walau telah pulih dari cedera panjang, Eden Hazard belum juga bangkit dan mendapat kepercayaan penuh dari klub raksasa LaLiga, Real Madrid.

INDOSPORT.COM - Walau telah pulih dari cedera panjang, Eden Hazard belum juga bangkit dan mendapat kepercayaan penuh dari klub raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, masih juga belum memainkan Eden Hazard sebagai starter. Padahal, pemain asal Belgia tersebut telah pulih dari cedera. 

Musim ini masih juga menjadi bencana bagi seorang Eden Hazard. Eks bintang Chelsea itu harus memulai musim dengan cedera otot. Cedera tersebut membuatnya hanya tampil dalam lima pertandingan LaLiga Spanyol sepanjang musim ini. 

Itu pun mayoritas sebagai pemain pengganti. Pada tiga laga terakhir setelah ia sembuh dari cedera, Hazard hanya dimainkan dua kali sebagai pemain pengganti. 

Bisa ditebak, Hazard gagal memberikan kontribusi terbaiknya untuk klub. Sepanjang musim ini Hazard cuma membuat dua gol dan tak membukukan satu assist pun. 

Didatangkan dari Chelsea dengan nilai transfer 100 juta euro (Rp1,7 triliun), Eden Hazard belum juga tampil di puncak performanya. Padahal, El Real menanggapnya sebagai pengganti yang pas untuk Cristiano Ronaldo. 

Pada musim pertamanya di 2019-2020, Hazard sudah harus menderita cedera ketika kick off LaLiga dilakukan. Kala itu ia mendapatkan cedera hamstring yang membuatnya absen di tiga laga pembuka. 

Selepas pulih, ia sempat dimainkan di delapan laga LaLiga sebelum akhirnya kembali naik meja perawatan setelah mengalami retak tulang kaki selama lebih dari 10 pekan.

Setelah pulih, Hazard sempat kembali ke lapangan. Namun hal itu tak lama setelah ia kembali mengalami cedera fibula. 

Total pada musim lalu Eden Hazard cuma mencatatkan 22 penampilan di semua kompetisi dengan kontribusi 1 gol dan 7 assist. Bagi seorang Hazard dan klubnya, Real Madrid, statistik itu tentu masih jauh dari yang diharapkan. 

Sayangnya, pada musim 2020-2021 ini, belum juga ada tanda-tanda kembalinya Eden Hazard ke skuat utama. Berkutat dengan cedera otot, Hazard cuma tampil di delapan pertandingan di semua kompetisi. 

© Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images
Eden Hazard mencoba mempertahankan penguasaan bola di tengah penjagaan pemain Eibar. Copyright: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty ImagesEden Hazard mencoba mempertahankan penguasaan bola di tengah penjagaan pemain Eibar.

Kabar baiknya, kondisi cedera Hazard sudah jauh lebih baik. Namun begitu, hal itu belum membuatnya masuk ke dalam skuad inti Real Madrid. Pemain 29 tahun asal Belgia itu lebih sering main sebagai pengganti. 

Pertanyaan pun timbul, sampai kapan Real Madrid mau 'bersabar' terhadapnya? Angka 100 juta yang dikeluarkan Los Blancos tidaklah sedikit. Bahkan rumor mengatakan Madrid membayar Chelsea dengan nilai transfer 160 juta euro dengan empat kali mencicil pembayaran.

Dari waktu ke waktu, nilai pasar Hazard terus turun. Situs Transfermarkt mencatat, nilai pasar Eden Hazard saat ini turun ke 60 juta euro. 

© Denis Doyle/Getty Images
Selebrasi pemain Real Madrid Karim Benzema bersama Eden Hazard usai mencetak gol ke gawang Valencia. Copyright: Denis Doyle/Getty ImagesSelebrasi pemain Real Madrid Karim Benzema bersama Eden Hazard usai mencetak gol ke gawang Valencia.

Pada 7 Januari nanti Eden Hazard juga genap berusia 30 tahun. Performa buruk di usia kepala tiga tentu pertanda baik bagi karier Hazard di Real Madrid. 

Meski begitu, pelatih Madrid, Zinedine Zidane, masih menaruh kepercayaan kepada dirinya. Walau belum menjadi starter, Zidane masih ingin menunggu kebangkitan Hazard. 

"(Eden Hazard) butuh waktu, dia butuh waktu bermain juga dan perlahan tapi pasti dia akan kembali ke starting 11," kata Zidane seperti dilansir oleh AS.

Sayangnya, kapan waktu itu terjadi belum ada yang bisa mengetahui. Apalagi, di waktu bersamaan Real Madrid terlanjur nyaman dengan skuad yang ada. 

Di posisi sayap kiri yang ditinggalkan Eden Hazard, Real Madrid memiliki sosok Marco Asensio yang mencatatkan total 20 penampilan di LaLiga Spanyol dan Liga Champions.