Bola Internasional

Sempat Dilepas, Kurniawan Dwi Yulianto Kembali Jadi Pelatih Sabah FA

Selasa, 5 Januari 2021 14:28 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Striker legendaris Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto akan kembali mengarungi Liga Super Malaysia bersama Sabah FC. Padahal, sebelum ini posisinya sempat dilepas usai hasil kurang memuaskan.

Bagi pecinta sepak bola Tanah Air, nama Kurniawan begitu harum saat masih berstatus penggawa timnas. Bagaimana tidak? Mantan pemain berjulukan Si Kurus itu sempat berulang kali persembahkan prestasi di ajang internasional.

Sebut saja saat bantu Timnas Indonesia juara Independence Cup (2000), runner-up AFF Championship (2000 dan 2004), dan mampu persembahkan medali perak di ajang SEA Games (1997). Lewat 33 gol dalam 59 caps, ia juga pernah menangi banyak liga di klub lokal.

Begitu gantung sepatu, Kurniawan Dwi Yulianto lantas mencoba karier dalam dunia kepelatihan lewat perannya sebagai asisten pelatih tim Merah Putih. Terkesan, Sabah FA lantas meminang jasanya sebagai modal untuk juarai Liga Super Malaysia.

Alih-alih lakukan gebrakan sebagai juru taktik skuat utama, pelatih berusia 44 tahun ini malah sempat tersingkir gara-gara hasil mengecewakan. Kendati Sabah FA sudah menunjuk Lukas Kalang Laeng sebagai pengganti, Kurniawan malah akan kembali dilantik.

Ya, mengutip dari BHarian, eks penyerang kebanggaan Timnas Indonesia itu dipastikan kembali lagi jadi pelatih usai dapat konfirmasi Zulhelmi Zainal Azam selaku jurnalis Astro Arena Malaysia. Penunjukkan dirinya lagi tak lepas dari penggantian kepengurusan klub.

Datuk Seri Bung Moktar Radin yang dikenal sebagai Presiden Persatuan Sepak Bola Sabah (SAFA), kabarnya mengambil alih kepemimpinan dari CEO klub, Datuk Verdon Bahanda. Maklum, perombakan total bakal dilakukan tim berjulukan Rhinos tersebut.

Demi menyukseskan potensi Kurniawan, Bung Moktar bahkan mencarikan asisten pelatih yang juga legenda Sabah, Burhan Ajui. Hadirnya asisten pelatih ini setidaknya bisa membantu kinerja pelatih utama yang urung memuaskan.

Pada Liga Super Malaysia 2020 lalu, Sabah FA yang ditukangi Kurniawan Dwi Yulianto hanya bisa akhiri musim di peringkat 10 klasemen Liga Super Malaysia. Dalam 11 pertandingan, Sabahawks hanya raih dua kali menang, tiga kali imbang, dan enam kali kekalahan.