Bola Internasional

Timnas Indonesia Lebih Maju, Park Hang-seo Bongkar Kelemahan Vietnam

Sabtu, 2 Januari 2021 18:17 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© https://vietnamnet.vn/
Park Hang-seo bocorkan kelemahan Timnas Vietnam meski mampu mendominasi kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong justru lebih maju dalam hal persiapan. Copyright: © https://vietnamnet.vn/
Park Hang-seo bocorkan kelemahan Timnas Vietnam meski mampu mendominasi kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong justru lebih maju dalam hal persiapan.

INDOSPORT.COM - Sukses mendominasi puncak klasemen grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, ternyata tak membuat Timnas Vietnam lega. Pelatihnya, Park Hang-seo pun beberkan kelemahan tim yang membuat Timnas Indonesia jauh berada di depan.

The Golden Star memang tak ada matinya ketika berhasrat maju di gelaran pesta sepak bola terbesar tahun depan. Bagaimana tidak? Mendapati lawan Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab (UEA), dan Indonesia, mereka raih lima kali menang, dua kali seri dan tanpa kalah.

Skuat besutan Park Hang-seo bahkan kian membuat tim Garuda terpuruk usai hanya bertengger di posisi buncit klasemen grup neraka. Imbasnya pun tak main-main, PSSI sampai harus memecat pelatih Simon McMenemy dan menggantinya dengan Shin Tae-yong.

Akan tetapi walaupun sukses kalahkan sekaliber Timnas Malaysia dan Thailand di kualifikasi Piala Dunia, Vietnam ternyata kurang dalam hal persiapan mental para pemainnya. Hal ini sendiri dibenarkan oleh pelatih yang hanya bisa lakukan duel internal alias di wilayah terbatas.

"Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi seluruh aspek kehidupan dunia, termasuk Vietnam. Tim saya serba terbatas lakoni laga. Akan sangat menyenangkan tim asing jadi lawan kami, tapi hal itu kini sangat mustahil," ucap Park Hang-seo dilansir Thanh Nien.

"Dalam hal profesionalisma, saya memang sangat khawatir, tidak berkumpul dalam waktu lama akan membuat para pemain lupa taktik yang sudah diterapkan tahun 2019 lalu. Semua pemain lama dan baru harus siap hadapi tahun 2021," pungkasnya.

Media lokal pun juga menyebut jika Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) melalui Tran Quoc Tuan selaku wakil ketua sulit membantu persiapan negaranya untuk bermain di luar. Tak heran, hal ini sangat kontras dengan persiapan yang dilakukan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, PSSI sampai rela membuat rencana latihan bagi skuat Timnas U-19 di Spanyol usai sebelumnya sukses galakkan pemusatan latihan di Kroasia. Kendati, kompetisi Piala Dunia U-20 diundur, rencana ini tak berubah.

Kondisi senada pun juga dilakukan oleh Shin Tae-yong yang sempat fokus melatih para pemain senior demi melakoni laga internasional termasuk SEA Games 2021 mendatang. Pelatih asal Korea Selatan ini bahkan memuji fisik para pemain yang sudah cukup mumpuni.

Melihat kesigapan Shin Tae-yong dan PSSI, bisa dibilang Timnas Indonesia jauh lebih beruntung dalam persiapan melakoni laga lanjutan. Tak ayal, mungkin saja tim Merah Putih bisa tampil melebihi ekspektasi lawan Vietnam dan Park Hang-seo di kualifikasi Piala Dunia nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
25%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
13%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
13%