Bola Internasional

Pelatih UEA Bikin Park Hang-seo dan Vietnam Waspada, Keuntungan Timnas Indonesia?

Kamis, 10 Desember 2020 07:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Igor Soban/PIXSELL/MB Media
Zoran Mamic jadi pelatih anyar UEA bikin Park Hang-seo dan Timnas Vietnam waspada di kualifikasi Piala Dunia. Apakah artinya Timnas Indonesia bakal ketiban untung? Copyright: © Igor Soban/PIXSELL/MB Media
Zoran Mamic jadi pelatih anyar UEA bikin Park Hang-seo dan Timnas Vietnam waspada di kualifikasi Piala Dunia. Apakah artinya Timnas Indonesia bakal ketiban untung?

INDOSPORT.COM - Uni Emirat Arab (UEA) resmi menunjuk pelatih Zoran Mamic sebagai pengganti Jorge Luis Pinto. Sampai bikin Park Hang-seo dan Timnas Vietnam waspada di kualifikasi Piala Dunia, apakah penggantian pelatih ini bisa untungkan Indonesia?

Sebelum terhenti sementara karena pandemi Corona, tim asuhan Park Hang-seo termasuk sebagai kandidat kuat juara grup G kualifikasi pesta sepak bola sejagad 2022 zona Asia. Bayangkan saja, dalam lima laga mereka unbeaten lewat tiga kali menang dan dua kali seri.

Bisa dibilang, The Golden Star tak bisa diragukan lagi akan kedahsyatannya hancurkan pesaing-pesaing di grup 'Neraka' yang diantaranya Malaysia, Thailand, UEA, dan Timnas Indonesia selaku pesakitan usai kalah beruntun lima kali. Tapi sayang dominasi mereka terusik.

Ya, imbas rentetan hasil memperihatinkan, tiga pelatih utama UEA telah dipecat, dan terakhir kali yang memegang jabatan ialah Jorge Pinto. Kini kursi pelatih diambil Zoran Mamic, melansir laman media Thanh Nien, ini bisa jadi bencana bagi Park Hang-seo.

"Zoran Mamic adalah pelatih hebat asal Kroasia, UEA menunjuknya sebagai salah satu cara memenangkan posisi sebagai juara grup G. Sang pelatih diberi gaji 5 juta USD (Rp70 miliar) agar UEA lolos babak tiga kualifikasi Piala Dunia dan juara Piala Asia," tulis media Vietnam itu.

"Dia sempat melatih beragam klub ternama seperti Dinamo Zagreb dan beberapa klub Timur Tengah seperti Al-Nassr, Al-Ain, serta Al Hilal. Sempat jadi pemain yang pernah antar Kroasia juara tiga Piala Dunia 1998, Zoran Mamic bareng UEA tentu bakal buat Vietnam repot,"

Melihat tim terkuat saja sudah was-was, Indonesia tentu kian sulit untuk memetik keuntungan pada kondisi seperti ini. Sebagaimana diketahui, tim senior sempat dibabat habis pada era kepelatihan Simon McMenemy dan kini digantikan oleh Shin Tae-yong.

Hingga saat ini saja, Shin Tae-yong masih berfokus dengan perkembangan Timnas Indonesia U-19 mengingat Negara Seribu Pulau akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Akan tetapi kini malah terjadi polemik dimana PSSI kecewa akan kinerja pelatihnya.

Sempat berharap pelatih asal Korea Selatan itu datang 1 Desember lalu, PSSI melalui direktur tekniknya, Indra Sjafri kabarnya menyayangkan sikap tak profesional mitranya itu. Apalagi, Garuda Nusantara akan lakoni pemusatan latihan di Spanyol dalam waktu dekat.

Terlepas dari Indonesia yang masih kesulitan, Timnas Vietnam sudah ambil langkah awal persiapan hadapi ancaman UEA beserta Zoran Mamic. Demi pertahankan juara Piala Asia dan puncaki grup G kualifikasi Piala Dunia, Park Hang-seo sudah merancang skema latihannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%