Bola Internasional

Tahu Kelemahan Timnas Indonesia, Media Vietnam Yakin Pemain Ini Penyelamatnya

Rabu, 9 Desember 2020 07:41 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© BELGA
Sandy Walsh dipercaya media Vietnam sebagai penyelamat Timnas Indonesia yang jadi bulan-bulanan di kualifikasi Piala Dunia. Copyright: © BELGA
Sandy Walsh dipercaya media Vietnam sebagai penyelamat Timnas Indonesia yang jadi bulan-bulanan di kualifikasi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Timnas Vietnam tak pernah meragukan lawan main sekaligus rival dari negara tetangga. Terbukti, mereka tahu kelemahan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia dan menyebut salah satu pemain sebagai calon penyelamatnya.

Kompetisi penentuan siapa saja yang akan wakili Asia di kompetisi sepak bola terakbar sejagad menjadi horor bagi Garuda Nusantara. Maklum saja, peringkat FIFA terlampau jauh yakni 173 dan kualitas permainan masih jauh dari kata ideal.

Terbukti ketika Indonesia berjibaku dalam grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, kekalahan lima kali justru buat mereka jadi juru kunci dan mustahil bisa maju ke babak lanjutan. Bahkan, cap gagal buat Simon Mcmenemy dipecat dan digantikan oleh Shin Tae-yong.

Kualitas mengerikan tersebut lantas buat media Vietnam, Than Nien, menyoroti kelemahan Timnas Indonesia. Tak tanggung-tanggung, mereka pun berikan solusi jika pemain yang bisa jadi juru selamat berada ditangan Sandy Walsh.

"Meski tim Seribu Pulau tidak lagi berharap di grup G (kualifikasi Piala Dunia) setelah lima kali kekalahan, namun dengan hadirnya sejumlah 'bintang' yang dinaturalisasi, pasukan pelatih Shin Tae-yong pasti akan merubah segala hasil buruk," tulis media itu.

"Informasi proses naturalisasi Sandy Walsh langsung menarik perhatian fans berat Indonesia dan tentu saja sepak bola Asia Tenggara. Bek ini sangat dibutuhkan sebagai amunisi tambahan lini pertahanan mereka yang tergolong lemah," tambah tulisan itu.

Lahir di Belgia dari ayah keturunan Irlandia dan ibu berdarah campuran Swiss, Belanda, serta Indonesia, Walsh memang punya kans bela Tanah Air. Bak gayung bersambut, dirinya pun menyatakan jika bisa segera gabung skuat Shin Tae-yong usai menghubungi PSSI.

Prestasi pemain berusia 25 tahun ini nyatanya tak bisa dipandang sebelah mata usai sabet Kejuaraan Eropa U-17 bersama Timnas junior Belanda. Kala gabung klub Belgia, Genk dan Zulten Waregem, dirinya pun sempat ikut ambil bagian dalam kemenangan trofi juara.

Sempat menganggu usai dilepas Zulten Waregem lima bulan terakhir, sepak terjang Sandy Walsh justru kembali curi perhatian ketika bersama KV Mechelen. Terbukti gol debutnya sukses menahan imbang 2-2 Standard Liege di liga kasta atas Belgia.  

Serupa dengan klaim media Vietnam, Shin Tae-yong sendiri kabarnya berniat memasukan Sandy Walsh dalam skuatnya. Apakah Timnas Indonesia bisa alami pelonjakan performa? Segalanya bergantung pada laga kualifikasi Piala Dunia lanjutan pada Juni tahun depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%