In-depth

Emiliano Buendia, Bintang Divisi Championship Pengganti Mesut Ozil di Arsenal

Rabu, 6 Januari 2021 19:09 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© George Wood/Getty Images
Emiliano Buendia jadi buruan utama Arsenal untuk menggantikan Mesut Ozil. Padahal, pemain Argentina ini hanya bermain di Divisi Championship bersama Norwich. Copyright: © George Wood/Getty Images
Emiliano Buendia jadi buruan utama Arsenal untuk menggantikan Mesut Ozil. Padahal, pemain Argentina ini hanya bermain di Divisi Championship bersama Norwich.

INDOSPORT.COM – Emiliano Buendia jadi buruan utama Arsenal untuk menggantikan Mesut Ozil. Padahal, pemain Argentina ini hanya bermain di Divisi Championship bersama Norwich.

Nama Emiliano Buendia mendadak jadi perbincangan panas beberapa hari terakhir. Pasalnya, pemain 24 tahun asal Argentina itu disebut menjadi buruan Arsenal di bursa transfer Januari ini untuk menggantikan peran Mesut Ozil.

Seperti diketahui, Mesut Ozil ‘dibekukan’ dari skuat Arsenal musim ini dengan tidak didaftarkan di Liga Inggris dan Liga Europa. Kabar terbaru menyebut Ozil bakal hengkang di bursa transfer Januari ini dengan Fenerbahce dan DC United jadi kandidat kuat.

Ketiadaan Ozil membuat Arsenal sempat tersendat di musim ini karena tak adanya gelandang kreatif. Meski di beberapa laga terakhir masalah itu teratasi oleh kehadiran Emile Smith Rowe, The Gunners tetap membutuhkan gelandang kreatif baru jika ingin tampil lebih baik lagi.

Sempat membidik Isco dari Real Madrid, Arsenal kini disebut lebih memprioritaskan Emiliano Buendia meskipun pemain 24 tahun itu saat ini hanya bermain di Championship bersama Norwich City. Rupanya, The Gunners punya alasan khusus.

Meski kini bermain di Championship, Buendia sejatinya punya pengalaman tampil di kasta tertinggi Liga Inggris bersama Norwich musim lalu. Ketika itu ia mencetak 1 gol dan 7 assist dari 36 pertandingan.

Ia juga menempati posisi kedua dalam rataan umpan kunci per pertandingan (3,3) dan total jumlah kesempatan yang dicetak (70), kalah dari Kevin de Bruyne dan Trent Alexander-Arnold. Sayangnya, The Canaries harus terdegradasi di akhir musim.

Meski turun kasta, motivasi Buendia tidak ikut turun dan ia justru tampil gemilang. Hingga saat ini, ia sudah mencetak 7 gol dan 7 assist dari 19 pertandingan di Divisi Championship, dan membawa Norwich City menjadi pemuncak klasemen.

Catatan gemilang dan fakta bahwa Buendia sudah familier dengan Liga Inggris itulah yang membuat Arsenal memprioritaskan dirinya dibandingkan Isco, yang belum pernah tampil di luar LaLiga Spanyol.

Di sisi lain, secara finansial pun Emiliano Buendia menjadi pilihan yang masuk akal bagi Arsenal. Selain gajinya yang jauh di bawah Isco, banderolnya yang mencapai 40 juta pounds (Rp759 miliar) pun masih masuk jangkauan The Gunners.

Arsenal juga menyiapkan strategi alternatif dengan tawaran peminjaman 6 bulan dengan kewajiban permanen di musim panas, dan sebagai gantinya meminjamkan salah satu pemainnya ke Norwich hingga akhir musim.

Tiga nama yang berpotensi bakal diserahkan ke Norwich itu adalah Reiss Nelson, Eddie Nketiah, dan Joe Willock. Keputusan ini berpotensi menguntungkan Arsenal karena ketiga pemain itu berpeluang mendapatkan menit bermain di Norwich sehingga bisa berkembang lebih maksimal.

Kemampuan teknis, pengalaman di Liga Inggris, dan banderol yang lebih murah itulah yang kemudian membuat Emiliano Buendia bakal jadi opsi yang lebih tepat bagi Arsenal untuk menggantikan Mesut Ozil, dibandingkan Isco.

Emiliano Buendia sendiri mengawali kariernya bersama tim Getafe B di kasta kedua LaLiga Spanyol alias Segunda Division, setelah sebelumnya sempat bermain di akademi Real Madrid.

Tiga musim di Getafe B, ia naik ke tim utama Getafe yang tampil di kasta tertinggi LaLiga Spanyol. Memasuki musim keempat di Getafe, Buendia dipinjamkan ke Cultural Leonesa.

Bersama Leonesa, ia tampil gemilang dengan sumbangan 7 gol dan 12 assist dari 42 pertandingan di semua kompetisi. Performa itulah yang kemudian membuat Norwich memboyongnya ke Inggris pada Juni 2018.

Ia pun sukses membawa Norwich promosi di musim perdananya, meski kemudian harus turun kasta lagi setahun kemudian.

Kini, dengan kuatnya minat Arsenal, bukan tidak mungkin Emiliano Buendia akan meninggalkan Divisi Championship untuk bermain di kasta tertinggi Liga Inggris dalam waktu yang lama.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%