Liga Indonesia

PSSI Akan Gelar Rapat Exco, Pelatih Persib: Bertemu Tapi Tidak Ada Hasil

Rabu, 6 Januari 2021 19:38 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, seusai pertemuan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (05/01/21). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, seusai pertemuan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (05/01/21).

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan mengenai rencana PSSI yang akan menggelar rapat komite Exco dalam waktu dekat untuk membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

Menurut Robert Alberts, seharusnya PSSI sudah cukup menggelar pertemuan untuk menentukan nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 yang sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu karena pandemi Corona atau Covid-19.

Robert Alberts mengatakan, hingga saat ini belum ada kepastian mengenai masa depan kompetisi, padahal Liga 1 dan Liga 2 2020 sudah cukup lama terhenti yakni sekitar 10 bulan. Sehingga, banyak pihak yang terkena imbas dari ketidak pastian kompetisi.

"Saya rasa PSSI sudah cukup menggelar pertemuan sejauh ini, itu opini saya. Mereka hanya bertemu dan bertemu tapi tidak ada kesimpulannya, kami masih tetap tidak bisa bermain sepakbola," kata Robert Alberts di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Selasa (05/01/21).

"Kami masih tanpa gaji (tidak full) dan kami masih tetap dalam situasi ragu mengenai masa depan, termasuk orang yang terlibat di sepakbola Indonesia seperti supporter," ujar Robert Alberts menambahkan.

Pelatih asal Belanda ini mengungkapkan, tidak jelasnya masa depan kompetisi di Indonesia membuat banyak pihak merasa bingung. Padahal menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki atmosfer sepakbola yang luar biasa.

"Padahal ini adalah negara yang paling banyak supporternya di Asia. Jadi saat ini semua orang dalam posisi yang kebingungan dan kami butuh arahan yang jelas," ucapnya.

Mantan pelatih PSM Makassar ini berharap, ada ketegasan dari PSSI mengenai masa depan kompetisi. Selain itu, ia sudah lelah memikirkan Liga 1 2020 dan berharap otoritas sepakbola Indonesia fokus mempersiapkan musim baru Liga 1 2021.

"Dan saya sekali lagi menekankan untuk berhenti memikirkan Liga 2020, hentikan sesuai aturan FIFA dan fokus menatap musim 2021 supaya semua bisa kembali segar dan termotivasi lagi" ungkapnya.

"Kami ada salah satu liga terbaik di regional ini tapi saat ini kami satu-satunya negara yang tidak bermain sepakbola," jelas Robert Alberts.

Sementara itu, aktivitas latihan tim Persib sudah diliburkan sejak awal November lalu. Selain itu, tidak ada kejelasan mengenai kompetisi membuat pemain tim Maung Bandung diberi kebebasan untuk menjalankan latihan mandiri.