Liga Indonesia

Penjelasan PSSI Terkait TC Timnas U-19 di Spanyol dan Isu Ditundanya Piala Asia

Rabu, 6 Januari 2021 14:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol. Copyright: © PSSI
TC Timnas Indonesia U-19 di Spanyol.

INDOSPORT.COM - PSSI menyatakan program pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol merupakan salah satu cara menjaga motivasi para pemain, pasca ditundanya Piala Dunia U-20 tahun ini ke 2023. PSSI tidak ingin para pemain larut dalam kekecewaan setelah mimpi besarnya terhenti.

Selain itu, latihan di Spanyol juga jadi ajang persiapan menuju Piala Asia U-19 yang dijadwalkan berlangsung Maret mendatang. 

"Bahwa di samping untuk pemusatan latihan (TC) dan sparing di Spanyol, PSSI juga memandang perlu untuk menjaga mental dan psikologi anak-anak timnas U-19," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Mereka sudah kecewa tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021, masa ke Spanyol juga dibatalkan. Kalau ke Spanyol dibatalkan, pasti akan lebih menambah kekecewaan mereka," tambahnya.

Kendati demikian, PSSI juga tengah harap-harap cemas terkait nasib Timnas U-19. Hal itu tak lepas dari isu ditundanya Piala Asia U-19 dan U-16 tahun ini karena masih tingginya penyebaran virus corona.

Hanya saja, PSSI menegaskan program Timnas U-19 masih sesuai rencana, sebab belum ada pengumuman resmi dari AFC terkait batalnya Piala Asia U-19.

"Terkait hal itu (isu penundaan) PSSI menunggu keputusan resmi dari AFC," tutup Yunus Nusi.

Pemusatan latihan Timnas U-19 di Spanyol akan berlangsung hingga akhir bulan. Ada liga laga uji coba yang diagendakan untuk skuat Garuda Nusantara.