Liga Indonesia

Bali United Tunda Pelaksanaan Swab Test, Ini Penjelasan Teco

Kamis, 7 Januari 2021 11:12 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bali United menunda pelaksanaan Swab Test yang dijadwalkan pada Kamis (07/01/21). Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa-Bali. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bali United menunda pelaksanaan Swab Test yang dijadwalkan pada Kamis (07/01/21). Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa-Bali.

INDOSPORT.COM - Bali United menunda pelaksanaan Swab Test yang dijadwalkan pada Kamis (07/01/21). Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa-Bali, ditambah ketidakjelasan Liga 1 menjadi penyebab utama pemain batal berkumpul.

Bali United awalnya menjadwalkan agenda dimulai pada Rabu (6/1/21). Seluruh pemain diwajibkan tiba di Bali untuk kepentingan Swab Test pada Kamis siang. Namun, agenda ini ternyata batal berjalan sesuai jadwal.

Adanya pengumuman pemerintah tentang PSBB Jawa-Bali mulai 11-25 Januari 2021 menjadi salah satu penyebabnya. Beberapa awak tim yang sudah melakukan Swab Test, sebagai syarat terbang ke Bali, akhirnya batal berangkat.

"Baru saja kita dengar kemungkinan adanya lockdown di Bali. Sekarang kita tunggu kelanjutan dari informasi ini, buat lihat kita boleh mulai latihan atau tidak," ucap pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, Kamis (07/01/21).

Teco memastikan belum ada pemain yang terbang ke Bali. Saat ini, tim juga belum tahu kapan program akan berjalan. Bali United pun menunggu kejelasan dari jadwal lanjutan Liga 1 2020.

"Kita harus tunggu kapan bisa mulai bekerja lagi. Pertandingan terakhir Liga 1 ada di bulan Maret lalu. Sudah hampir setahun kita tidak punya pertandingan," tutur Teco.

Teco sebenarnya sudah punya rancangan program. Satu bulan pertama akan dimaksimalkan untuk mengembalikan fisik para pemain. Beban program akan disesuaikan dengan kondisi pemain ketika tiba di Bali. Dengan penundaan ini, praktis Teco harus menyusun program lagi.

"Ketika kita sudah tahu kapan Liga 1 dimulai, pasti lebih mudah untuk membuat program latihan," jelasnya.

Sejauh ini belum ada kejelasan kapan Liga 1 2020 akan dilanjutkan. Dengan penerapan PSBB Jawa-Bali, bisa dipastikan kegiatan olahraga tak akan mendapatkan izin, termasuk Indonesia Basketball League (IBL) 2021 terancam batal.

Persipura Jayapura menjadi tim kedua yang sudah membubarkan tim. Sebelumnya, Madura United juga mengambil keputusan sama melepas para pemain. Sementara Bali United justru baru saja memperpanjang kontrak para pemain dan pelatih.