IBL Berlakukan Karantina Mandiri, Bali United Batal Lakoni Uji Coba

Senin, 4 Januari 2021 16:45 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tim basket Bali United batal menggelar uji coba meski tetap berangkat ke Jakarta pada Senin (4/1/21) siang. Tridatu Warriors terbentur adanya larangan uji coba antarkontestan Indonesia Basketball League (IBL) 2021.

Bali United sudah bersiap sejak akhir November lalu, digenjot latihan berat yang bahkan sampai 2-3 sesi dalam sehari. Kerja keras dilakukan Daniel Wenas dkk. agar siap menghadapi musim perdana.

Hanya, selama masa persiapan, kekuatan pasukan Aleksandar Stefanovski belum teruji. Mereka tak bisa mendapat lawan uji coba dengan kualitas sepadan atau lebih baik di Pulau Dewata.

Untuk itu, Bali United berangkat ke Jakarta lebih dulu dengan harapan bisa uji coba. West Bandit Solo menjadi calon lawan yang dijadwalkan bersua pada Rabu (6/1/21).

Namun, agenda tersebut terpaksa batal. Dalam surat bernomor 001/IBL-ADM/I/2021 tertanggal Minggu (3/1/21), IBL melarang klub uji coba. Justru mulai Selasa (5/1/21), klub diwajibkan karantina mandiri hingga keberangkatan menuju seri perdana di Jakarta.

"Awalnya tim berangkat lebih awal memang untuk uji coba. Namun dengan adanya surat dari IBL, uji coba resmi ditiadakan, tapi rombongan tim tetap berangkat ke Jakarta siang ini," ucap Media Officer Bali United, Alexander Mahaputra, Senin (4/1/21).

IBL sangat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan virus corona. Setiap tim wajib melakukan swab test PCR dua kali, yakni Rabu (6/1/21) dan Senin (11/1/21).

Hasil swab test PCR wajib dilaporkan sehari berikutnya. Personel klub yang berusia di atas 45 tahun juga wajib melampirkan hasil General Check-Up terbaru.

Sementara jadwal kedatangan 12 kontestan dibagi dua. Delapan tim tiba pada 13 Januari dan empat tim tiba pada 14 Januari. Seri perdana akan digelar mulai 15 Januari hingga 7 Februari di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara.