Liga Indonesia

Pelatih Kiper Persib Janji Terus Ciptakan Penjaga Gawang Andal

Kamis, 7 Januari 2021 13:58 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Derry Setiadi Nugraha/persib.co.id
Pelatih penjaga gawang Persib Bandung, Luizinho Passos, memiliki tekad dan motivasi untuk terus melahirkan kiper andal di Indonesia. Copyright: © Derry Setiadi Nugraha/persib.co.id
Pelatih penjaga gawang Persib Bandung, Luizinho Passos, memiliki tekad dan motivasi untuk terus melahirkan kiper andal di Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pelatih penjaga gawang Persib Bandung, Luizinho Passos, memiliki tekad dan motivasi untuk terus melahirkan kiper andal di Indonesia, walaupun kondisi sepak bola saat ini belum kembali normal, karena pandemi corona.

Menurut Passos, selama masih menjadi pelatih penjaga gawang ia akan berusaha mencetak kiper berkualitas bagi negara tempat kariernya, termasuk Indonesia dan Persib.

Pelatih penjaga gawang asal Brasil ini menuturkan, saat pertama kali datang ke Indonesia dan bergabung dengan Borneo FC, ia melihat Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata memiliki kualitas serta motivasi yang bagus.

Sehingga, ia berusaha mengasah kemampuan kedua penjaga gawang tersebut, hingga akhirnya mereka mampu menampilkan permainan terbaiknya dan sering mendapat panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia.

"Saya selalu termotivasi membuat setiap kiper menjadi kiper yang terbaik di negaranya. Pertama saya datang ke sini, ada M. Ridho (saat di Borneo) dan Nadeo," kata Passos.

"Sebelumnya orang-orang belum tahu siapa mereka. Saya lihat ada motivasi, disiplin dan kemampuan hebat dari mereka," jelas pelatih yang sudah berkarier sekitar empat tahun di Indonesia ini.

Saat bergabung dengan Persib di musim 2020, Passos juga memiliki motivasi untuk kembali mencetak penjaga gawang berkualitas. Apalagi, selain skuat Maung Bandung sudah miliki kiper handal, dukungan dari Bobotoh membuatnya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

"Begitu juga di Persib. Saat datang ke sini saya merasa bahagia, karena fans di sini memberikan apresiasi luar biasa. Persib juga memiliki kiper level atas seperti Made, Teja, Dhika dan satu kiper bertalenta luar biasa, Aqil," ungkapnya.

Saat Aqil Savik kembali mendapatkan panggilan bergabung dengan Timnas Indonesia, Passos merasa senang. Pasalnya, ia menilai Aqil merupakan kiper muda yang berkualitas.

"Saya senang karena Aqil kembali lagi ke Timnas. Dan meskipun situasi seperti ini, saya tetap pada prinsip untuk tetap mencetak kiper-kiper handal di Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, aktivitas tim Persib saat ini masih diliburkan, lantaran tidak ada kejelasan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).