Liga Indonesia

Respons Pelatih Bali United soal Vaksin untuk Atlet dan Pelatih

Kamis, 7 Januari 2021 11:49 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco berharap vaksin virus corona (Covid-19) benar-benar jadi solusi agar kompetisi Tanah Air kembali berjalan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco berharap vaksin virus corona (Covid-19) benar-benar jadi solusi agar kompetisi Tanah Air kembali berjalan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco berharap vaksin virus corona (Covid-19) benar-benar jadi solusi agar kompetisi Tanah Air kembali berjalan. Bukan hal mudah ketika sepak bola Indonesia tanpa pertandingan selama sebelas bulan.

Pemerintah sudah mendatangkan 3 Juta vaksin Sinovac dari Tiongkok. Kemudian, jutaan vaksin Sinovac kembali didatangkan secara bertahap. Vaksin lain juga akan didatangkan dari Kanada, Inggris hingga Amerika Serikat.

Presiden Joko Widodo rencananya menjadi orang pertama yang disuntik vaksin pada Rabu (13/1/21). Setelah itu giliran tenaga kesehatan, kepala daerah dan tokoh masyarakat yang akan disuntik vaksin.

Para atlet dan pelatih nasional juga diupayakan mendapat prioritas untuk disuntik vaksin. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/1/21), memastikan Kemenpora bergerak cepat untuk melakukan pendataan atlet.

Teco turut mengikuti perkembangan tentang rencana vaksinasi ini. Baginya, selama vaksin ini berefek bagus untuk membentengi tubuh dari virus corona, dia akan mendukung.

"Ketika vaksin ini benar-benar bagus, saya pikir semua harus dapat juga, bukan cuma atlet," ucap Teco, Kamis (7/1/21).

Selama Liga 1 belum jalan, Teco mengamati deretan kompetisi di seluruh belahan dunia. Mayoritas liga tetap bisa jalan, meski belum disuntik vaksin. Liga berjalan dengan penerapan protokol kesehatan.

Ketika ada pemain atau awak tim yang positif, mereka langsung dikarantina. Hal itu sudah dialami Zlatan Ibrahimovic hingga Cristiano Ronaldo. Teco berharap sepak bola Indonesia segera berjalan, setelah istirahat sejak 16 Maret 2020 lalu.

"Mudah-mudahan vaksin ini menjadi solusi untuk semua berjalan, bukan sepak bola saja, tapi buat hidup semua lebih aman nantinya," lanjut pelatih asal Brasil ini.

Bali United sudah mengambil keputusan untuk menunda kegiatan, setelah adanya pengumuman tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa-Bali. Awalnya, Fadil Sausu dkk. dijadwalkan menjalani Swab Test pada Kamis siang di Mes Bali United, Kuta, Badung. Agenda ditunda sampai ada kejelasan jadwal Liga 1.