Liga Indonesia

Sudah Berjuang Keras untuk Lanjutkan Liga 1 2020, PSSI Kini 'Lepas Tangan'?

Kamis, 7 Januari 2021 15:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dan Indra Sjafri. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dan Indra Sjafri.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020. Segala upaya telah dilakukan supaya kompetisi bisa digulirkan, tapi hingga kini masih menemui jalan buntu.

Iwan Bule, sapaan Iriawan, menjelaskan PSSI telah berkomunikasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan izin keramaian (pertandingan), tapi belum ada jawaban memuaskan. Mereka tetap menolak untuk menurunkan izin meski PSSI sudah bersurat secara resmi.

"Terkait Liga 1 dan Liga 2, PSSI bersama PT LIB terus mengusahakan agar kompetisi bisa berjalan secepatnya," tutur Mochamad Iriawan dalam rilis PSSI, Kamis (7/1/21).

"Koordinasi dan silaturahmi dengan berbagai pihak terkait terus dilakukan serta surat resmi ke pihak kepolisian telah dilayangkan sebanyak tiga kali. Kini semua berpulang kepada kepolisian, apa pun keputusan kepolisian PSSI tunduk dan patuh," imbuh Iwan Bule.

PSSI sejatinya sudah melakukan semua persiapan atau rencana termasuk akan protokol kesehatan selama kompetisi, jadwal, tanpa penonton hingga penandatanganan MoU dengan Satgas Covid-19 sudah dikantongi. 

Namun, upaya tersebut tidak bisa terealisasikan jika tidak kunjung adanya restu dari kepolisian. Iwan Bule mengatakan tidak mempunyai kewenangan untuk bisa melancarkan turunnya surat izin Liga 1, meski berlatar belakang anggota Polri.

Sementara itu, PSSI akan melakukan rapat Exco pada pertengahan Januari nanti untuk membahas nasib kompetisi. Mereka harus segera mengambil sikap lantaran kompetisi sudah tertunda hampir setahun sejak Maret 2020.