Bola Internasional

China Terapkan Salary Cap, 5 Bintang Ini Berpotensi Balik ke Liga Eropa

Jumat, 8 Januari 2021 05:01 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Globo Esporte
China Terapkan Salary Cap, 5 Bintang Ini Berpotensi Balik ke Liga Eropa Copyright: © Globo Esporte
China Terapkan Salary Cap, 5 Bintang Ini Berpotensi Balik ke Liga Eropa

INDOSPORT.COM – Federasi sepak bola China (CFA), baru saja memberlakukan Salary Cap atau pembatasan gaji bagi para pemain asing di liga mereka, hal ini membuat banyak bintang termasuk eks Chelsea bakal kembali ke Eropa.

Melansir dari laman resmi federasi, disebutkan bahwa Chinese Super League atau kasta teratas Liga China, maksimal hanya boleh membayar para mereka dengan harga maksimal 2,7 juta pounds per tahun atau sekitar 52 ribu pounds per minggu.

Angka tersebut berkurang sangat drastis dari sebelumnya, dimana bintang sekelas Marouane Fellaini saja bisa mendapatkan penghasilan mingguan sebesar 240 euro atau setara dengan 217 ribu pounds.

Selain pemain asing, bintang lokal pun juga bakal mendapat pembatasan upah. Disebutkan, bahwa pemain lokal akan dibatasi pendapatannya sebesar £ 573.000 per tahun, atau £ 11.000 per minggu.

Klub CSL juga dilarang untuk menghabiskan lebih dari £ 69 juta per tahun secara total, dengan maksimum £ 9 juta untuk gaji asing dan rata-rata £ 344.000 per pemain.

Bagi klub yang gagal memenuhi aturan baru tersebut akan menghadapi pengurangan poin. Bahkan jumlahnya tak main-main, mulai dari enam hingga 24 poin. Bagi klub yang tetap mendatangkan pemain melebihi standar gaji, tak diperbolehkan untuk memainkan para pemain tersebut di CSL.

Imbas dari kebijakan ini, sejumlah pemain pun diperkirakan bakal hengkang dari Liga China termasuk para mantan bintang liga top Eropa.

Melansir dari laman The Sun, setidaknya ada lima pemain bintang yang kemungkinan hengkang dari CSL dan kembali merumput di Eropa. Mereka adalah Marouane Fellaini (Shandong Luneng), Marko Arnautovic (Shanghai SIPG), Oscar (Shanghai SIPG), Salomon Rondon (Dalian Pro) dan Paulinho (Guangzhou Evergrande).

Dari keseluruhan nama tersebut, Oscar jadi salah satu kandidat yang hampir pasti keluar dari Liga China. Pasalnya, mantan pemain Chelsea itu sedang memegang rekor gaji termahal dengan nilai 450 ribu euro per minggu atau setara dengan 406 ribu pounds.

Selain itu, usia Oscar yang masih cukup optimal (29 tahun) membuat dirinya layak kembali mencicipi kompetisi tertinggi Eropa musim depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%