Liga Italia

Gagal di Inggris, Kebangkitan Mkhitaryan Bawa AS Roma ke Jalur Scudetto

Jumat, 8 Januari 2021 22:39 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Massimo Insabato/Archivio Massimo Insabato/Mondadori Portfolio via Getty Images
Gagal di Liga Inggris kala bermain untuk Manchester United dan Arsenal, Henrikh Mkhitaryan berhasil bangkit bersama AS Roma di Serie A Italia. Copyright: © Massimo Insabato/Archivio Massimo Insabato/Mondadori Portfolio via Getty Images
Gagal di Liga Inggris kala bermain untuk Manchester United dan Arsenal, Henrikh Mkhitaryan berhasil bangkit bersama AS Roma di Serie A Italia.

INDOSPORT.COM – Gagal di Liga Inggris kala bermain untuk Manchester United dan Arsenal, Henrikh Mkhitaryan berhasil bangkit bersama AS Roma di Serie A Italia.

Tak sekadar bangkit, Mkhitaryan secara fantastis berhasil mengantarkan AS Roma merangsek ke papan atas dan membawa mereka ke jalur scudetto Serie A Italia musim 2020/21 ini.

Laporan dari Reuters menyebutkan jika Mkhitaryan berhasil menemukan kembali performa apiknya yang sempat hilang kala bintang Armenia itu kesulitan beradaptasi di Liga Inggris.

Kembalinya performa apik Mkhitaryan juga menjadi kabar baik bagi AS Roma. Pasalnya, dirinya menjadi salah satu pilar kunci di balik penampilan mengejutkan Serigala Roma di paruh pertama Serie A Italia 2020/21.

Bencana yang dialami oleh bintang berusia 31 tahun tersebut berawal dari kepindahannya ke Man United usai menjalani 3 tahun yang menyenangkan bersama Borussia Dortmund.

Alih-alih menjadi titik balik untuk kemajuan karirnya, kepindahan Mkhitaryan ke Man United mungkin tercatat sebagai salah satu keputusan paling buruk yang pernah ia ambil.

Hanya 1,5 musim berseragam Man United, Mkhitaryan gagal mereplika penampilan ciamiknya kala masih bermain untuk Borussia Dortmund.

Dirinya lantas menyeberang ke Arsenal dan berharap adanya angin perubahan yang bisa membuat karirnya kembali cemerlang seperti saat di Bundesliga Jerman dulu.

Sayangnya, harapan tersebut hanyalah harapan. Mkhitaryan nyatanya tidak pernah kembali pada puncak performa yang ia idam-idamkan kala merumput bersama Arsenal.

Karirnya anjlok. Terjun bebas dan nyaris hancur. Mkhitaryan bahkan disebut-sebut bakal pensiun dini sebelum kemudian AS Roma datang dan menjadi penyelamat masa depannya.

Bukti selamatnya karir Mkhitaryan bersama AS Roma adalah dirinya masuk ke dalam daftar yang hanya berisi 3 pemain dari 5 liga top Eropa yang mampu mencetak 7 gol atau lebih sekaligus mencatatkan 7 assists atau lebih.

Ia bergabung dengan nama-nama tenar seperti ujung tombak andalan Tottenham Hotspur, Harry Kane dan playmaker andalan Manchester United, Bruno Fernandes.

Bersamanya, AS Roma saat ini berada di posisi ke-3 klasemen sementara Serie A Italia 2020/21 dengan raihan 33 poin dan hanya terpaut 4 poin dari AC Milan di puncak klasemen.