Liga Inggris

5 Hal tentang Louie Barry, Remaja Aston Villa Penjebol Gawang Liverpool

Sabtu, 9 Januari 2021 14:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat Louie Barry, pemain muda Aston Villa yang berhasil menjebol gawang Liverpool di ajang Piala FA, Sabtu (09/01/21) dini hari WIB.

Ia satu-satunya pencetak gol dari kubu Aston Villa dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 1-4 tersebut. The Reds tampil perkasa di kandang lawan berkat kontribusi Sadio Mane, Gini Wijnaldum, dan Mohamed Salah.

Di antara tiga pemain besar nan senior tersebut, terselip nama Louie Barry yang ikut mencatatkan kontribusinya di papan skor. Tidak ayal, eksistensi remaja berusia 17 tahun ini jadi bahan pembicaraan publik seusai pertandingan.

Bahkan, aksinya kala bertukar jersey dengan Fabinho selepas laga Aston Villa vs Liverpool semalam pun juga viral.

Lalu siapa Louie Barry ini? Apakah ia punya hubungan darah dengan ikon sekaligus eks pemain ternama Aston Villa, Gareth Barry? Ternyata tidak.

Louie Barry adalah seorang pemuda kelahiran Inggris yang juga memegang kewarganegaraan Irlandia. Ia sempat membela dua negara tersebut di level Timnas namun akhirnya memilih membela Inggris, setidaknya untuk sekarang.

Lahir pada 21 Juni 2003, Barry menghabiskan sebagian besar waktunya menimba ilmu sepak bola di akademi West Bromwich Albion selama sepuluh tahun sebelum memulai petualangannya lebih jauh lagi.

Nah, untuk lebih mengenal sosok Louie Barry, berikut hal-hal yang mungkin Sobat INDOSPORT perlu ketahui.

West Bromwich Albion

Louie Barry membuktikan bahwa tidak perlu berada di akademi klub besar untuk bisa tampil hebat dan menjanjikan. Bersama klub seperti West Brom ternyata juga bisa.

Seperti sudah disebutkan di atas, Barry menghabiskan waktu satu dekade di West Brom dan perjuangannya tidak berakhir sia-sia. Ia berhasil menembus tim U-23 di usianya yang masih 15 tahun. Hebat ya?

Pernah ke La Masia

Catatan apik yang ditunjukkan Barry selama berada di West Brom berbuah semakin manis. Barcelona yang terkenal dengan La Masia-nya put kepincut mendatangkan pemuda asal Sutton Coldfield ini.

Pada Juli 2019, Barcelona mendatangkan Barry dengan kesepakatan kontrak berdurasi tiga tahun. Ketika La Masia identik dengan pemain-pemain seperti Xavi, Messi, dan Iniesta, Barry adalah napas segar tersendiri dan kebanggaan sepak bola Inggris.

Sayangnya ia tidak bertahan lama di Barcelona sebelum akhirnya pindah ke Aston Villa pada Januari 2020.

Penggemar Aston Villa

Sungguh beruntung bagi Barry lantaran bisa bermain untuk klub yang didukungnya sejak kecil. Darah suporter seolah sudah mengalir dalam tubuhnya lantaran sang ayah juga menggandrungi The Claret and Blue.

Banjir Pujian

Menjadi salah satu pemain muda terbaik yang ada di Inggris saat ini, Barry tentu tidak lepas dari sanjungan orang-orang. Salah satunya adalah pentolan Aston Villa, Jack Grealish.

Usai pertandingan Piala FA antara Aston Villa vs Liverpool, Grealish tidak segan memuji Barry di hadapan publik melalui media sosialnya. Ia menyebutnya sebagai seorang pemain yang brilian.

Selain Grealish, eks pemain Aston Villa yakni Gabriel Agbonlahor juga pernah merasa kagum dengan Barry, yang menurutnya adalah salah satu prospek cerah klub untuk masa depan bersama rekannya yang lain, Kahrel Reddin.

Agbonlahor berharap Barry bisa menambah banyak pengalaman terlebih dahulu sebelum bisa menjadi reguler di skuat utama Aston Villa, misalnya bermain di kelompok umur U-18 atau U-23.

Dipinjamkan ke klub lain pun juga bisa jadi opsi, mengingat hal serupa juga pernah terjadi pada Jack Grealish, yang jadi pemain pinjaman ke Notts County ketika usianya masih 17-18 tahun.

Timnas

Ya, Louie Barry bisa membela Timnas dua negara namun untuk saat ini ia adalah bagian Timnas Inggris U-17. Sebelumnya, ia bahkan mencatatkan sepuluh gol dari lima pertandingan saat berada di level U-15.

Ketajamannya di depan gawang inilah yang sepertinya bakal memicu ‘perang’ antara Inggris dan Irlandia yang memperebutkan jasanya.