In-depth

Louie Barry, Wonderkid Aston Villa Alumni La Masia yang Nyaris Bikin Malu Liverpool

Sabtu, 9 Januari 2021 12:56 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Neville Williams/Aston Villa FC via Getty Images
Louie Barry jadi sorotan usai membobol gawang Liverpool di babak ketiga Piala FA. Wonderkid 17 tahun ini ternyata merupakan alumni akademi Barcelona, La Masia. Copyright: © Neville Williams/Aston Villa FC via Getty Images
Louie Barry jadi sorotan usai membobol gawang Liverpool di babak ketiga Piala FA. Wonderkid 17 tahun ini ternyata merupakan alumni akademi Barcelona, La Masia.

INDOSPORT.COM – Louie Barry jadi sorotan usai membobol gawang Liverpool di babak ketiga Piala FA. Wonderkid 17 tahun ini ternyata merupakan alumni akademi Barcelona, La Masia.

Situasi unik terjadi di putaran ketiga Piala FA yang digelar akhir pekan ini. Meluasnya penyebaran Covid-19 di tubuh Aston Villa membuat tim berjuluk The Villans tersebut harus melakukan langkah drastis.

Akibatnya, saat menjamu Liverpool pada Sabtu (09/01/21) dini hari tadi Aston Villa terpaksa menurunkan para pemain muda dari tim U-18 dan U-23 mereka.  

Meski demikian, pasukan muda Aston Villa tampil mengejutkan. Menghadapi Liverpool yang menurunkan Mohamed Salah dan Sadio Mane sejak awal, pasukan muda The Villans sempat membuat armada Jurgen Klopp nyaris malu.

Pasalnya, meski tertinggal lewat gol Mane di menit keempat, Aston Villa bisa menyamakan skor di menit ke-41 lewat Louie Barry.

Permainan gigih The Villans membuat skor tersebut bertahan hingga menit ke-60, sebelum Liverpool kemudian mencetak 3 gol dalam tempo 5 menit dan menutup laga dengan kemenangan 4-1.

Debut dan Rekor Louie Barry

Seusai laga, sorotan tertuju kepada Louie Barry, sang pencetak gol ke gawang Liverpool. Pasalnya, laga tersebut merupakan debut Barry bersama Aston Villa di kompetisi resmi, dan golnya pun juga merupakan gol pertama pemain 17 tahun itu bagi The Villans.

Gol tersebut juga tercipta lewat proses yang indah. Memanfaatkan umpan terobosan Callum Rowe, Barry meloloskan diri dari jebakan offside sekaligus mengalahkan Rhys Williams dalam adu sprint.

Ia kemudian menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti sebelum menundukkan Caoimhin Kelleher dengan tendangan ke sudut kiri bawah gawang.

Istimewanya lagi, gol tersebut membuat Louie Barry mencetak rekor di ajang Piala FA. Dengan usia 17 tahun 201 hari, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Piala FA bagi tim Liga Primer Inggris.

Meski gagal meloloskan Aston Villa ke babak keempat, Barry mengaku bangga dengan penampilannya di laga tersebut. “Keluarga saya pasti berteriak di depan TV,” katanya seperti dilansir BBC.

“Selama ini saya bekerja sangat keras. Ketika merayakan gol, semua emosi saya tumpah keluar. Rasanya sangat melegakan. Saya sangat bangga pada tim ini. Kami memberikan segalanya sejak awal hingga akhir pertandingan.”

Baru Setahun Datang ke Aston Villa dari Barcelona

Louie Barry sebenarnya masih terbilang muka baru di tim muda Aston Villa. Ia bergabung setahun lalu, pada Januari 2020. Menariknya, ia didatangkan dari raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

Sang penyerang muda adalah penggemar Villa dari kecil, namun ia justru bergabung dengan akademi West Bromwich Albion. Sepuluh tahun bersama WBA, ia hijrah ke Barcelona pada Juli 2019 pada usia 16 tahun dengan biaya 250 ribu pounds sebagai kompensasi biaya latihan.

Meski berusia 16 tahun, namun Barry dimasukkan ke tim U-19 Barcelona. Ia pun sempat tercatat tampil 3 kali untuk Barcelona U-19 di ajang UEFA Youth League.

Namun pergantian pelatih tim U-19 dari Victor Valdes ke Franc Artiga rupanya memengaruhi menit bermainnya sehingga ia kemudian dijual ke Aston Villa dengan biaya 880 pounds pada Januari 2020 lalu.

Sebelum tampil di laga Piala FA dini hari tadi, Barry tercatat sudah memperkuat tim Aston Villa U-23 sebanyak 11 kali dan mencetak 7 gol.

Dengan bakat besar dan usianya yang sangat muda, ia pun diyakini akan menjadi bintang besar dan bakal menjadi rebutan klub-klub besar Eropa.